6 Kue Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Tak Melulu Nastar

Jum'at, 29 Maret 2024 - 08:15 WIB
loading...
6 Kue Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Tak Melulu Nastar
Berbagai daerah di Indonesia memiliki kue Lebaran yang biasanya disajikan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari biji ketapang hingga madu mongso. Foto/Wonderful Indonesia
A A A
JAKARTA - Berbagai daerah di Indonesia memiliki kue Lebaran yang biasanya disajikan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari biji ketapang hingga madu mongso mempunyai ciri khas bentuk, rasa dan tekstur tersendiri.

Selain itu, kue Lebaran ini pun dibuat dengan bahan dan cara yang unik. Hal ini tergantung dari budaya atau kebiasaan berbagai daerah di Indonesia hingga menghasilkan sajian yang lezat dan menggugah selera di momen spesial.

Biasanya, kue-kue tersebut dihidangkan di meja setiap rumah sebagai pelengkap saat Lebaran. Makanan ini juga menjadi kudapan wajib saat momen silaturahmi bersama keluarga atau kerabat, yang mana biasanya disantap bersama kopi atau lainnya.

Kue Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia



Berikut kue Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia seperti dirangkum dari Wonderful Indonesia, Jumat (29/3/2024).



1. Kue Sapik - Sumatera Barat

6 Kue Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Tak Melulu Nastar

Foto/Wonderful Indonesia

Kue sapik memiliki bentuk yang sama seperti kue leker dengan tekstur kue semprong. Selain Lebaran, kue yang selalu tersaji di rumah keluarga Minangkabau, Sumatera Barat ini juga dihidangkan setiap pesta pernikahan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang gurih, kue ini biasanya dikonsumsi dengan kopi dan teh.

2. Engkak Ketan - Sumatera Selatan

6 Kue Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Tak Melulu Nastar

Foto/Endeus TV

Bentuknya yang mirip seperti lapis legit, engkak ketan dibuat menggunakan bahan tepung ketan dan santan yang kental. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan gurih serta dibuat dari adonan kue yang berlapis-lapis sehingga pembuatannya memakan waktu lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)