Terungkap, Magnolia Bermanfaat untuk Kulit Sehat dan Cerah

Sabtu, 06 April 2024 - 11:24 WIB
loading...
Terungkap, Magnolia Bermanfaat untuk Kulit Sehat dan Cerah
Tak hanya cantik dan harum, Magnolia bisa untuk perawatan kulit agar cantik dan cerah. (Foto. Doc. Freepik)
A A A
Terkenal di Asia, Magnolia tidak hanya memiliki rupa yang cantik, dan aroma yang harum, namun juga menyimbolkan beragam arti positif. Bunga berwarna-warni ini ternyata juga memiliki beragam manfaat.Tak hanya untuk medis, ternyata Magnolia juga bisa digunakan untuk perawatan kulit agar cantik dan cerah.

Ekstrak bunga Magnolia terbukti memiliki kandungan yang bersifat regeneratif dalam melindungi kulit. Manfaat yang didapat dari ekstrak bunga ini di antaranya :

1.Memiliki efek mencerahkan kulit
Ekstrak Magnolia terbukti secara efektif dapat menghambat proses melanogenesis (terbentuknya melanin) sehingga terjadinya penurunan jumlah melanin dan menghasilkan kulit yang lebih cerah.

2.Memiliki efek antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan
Kerusakan kulit dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal seperti udara, cuaca, dan paparan sinar ultra-violet. Dampaknya dapat menimbulkan efek penuaan dini. Untuk mengatasi kondisi ini, ekstrak Magnolia yang tinggi akan komponen antioksidan seperti magnolol dan honokiol dapat secara aktif melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga memperlambat kulit dari proses penuaan.

Ketika kulit terlindungi sedemikian rupa, potensi munculnya garis-garis halus dan kerutan pun berkurang. Ekstrak Magnolia juga berfungsi melembutkan dan menghidrasi kulit sehingga mengurangi garis-garis halus di wajah yang mungkin sudah muncul.

3.Memiliki efek anti-inflamasi yang efektif mengatasi peradangan pada kulit
Peradangan pada kulit yang sering terjadi di antaranya ruam kemerahan serta kulit yang terasa gatal, kering dan bersisik. Penyebabnya bisa beragam, seperti karena reaksi alergi, stres, ataupun infeksi bakteri.

Memiliki komponen magnolol, ekstrak Magnolia terbukti mampu mengatasi masalah tersebut. Ekstrak alami kulit Magnolia ini memiliki efek anti-inflamasi yang akan membuat kulit terasa lebih tenang dan terlihat sehat, sehingga ideal untuk kulit sensitif.

4.Memiliki aktivitas antibakteri untuk merawat kulit berjerawat
Studi klinis juga menunjukkan bahwa magnolol dan honokiol yang terkandung dalam Magnolia memiliki efektivitas dalam melawan bakteri penyebab penyakit yang ada pada kulit dan sangat membantu dalam mengurangi dan menghilangkan jerawat. Dikenal dengan soothing ingredients, ekstrak Magnolia dapat membersihkan kulit hingga ke bagian pori-pori sehingga mampu mencegah dan menghilangkan jerawat pada wajah.

Magnolia Aman untuk Ibu Hamil
Pertanyaannya, apakah Magnolia aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?
Tak bisa dipungkiri, ibu hamil memang memiliki risiko besar mengalami masalah kesehatan kulit. Bukan hanya pada masa kehamilan, melainkan juga berlanjut pada masa ketika menyusui. Munculnya masalah kulit selama kehamilan sering menjadi keluhan bagi mereka. Kondisi tersebut bisa saja membuat rasa percaya diri ibu hamil menurun.

Seperti dijelaskan oleh dr. Yusfa Rasyid, Sp.OG, MARS, masalah kesehatan kulit memang sering dialami oleh ibu hamil. Karena pada saat hamil dan menyusui ada perubahan hormonal, sistem imun, dan juga metabolisme pada ibu. Ini yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk, warna atau pigmentasi, dan juga struktur kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)