Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Sabtu, 20 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Ini Penjelasan Ahli Gizi
Mengganti nasi dengan mi dalam beberapa hidangan mungkin memenuhi selera Anda. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya. Foto/Khins Kitchen
A A A
JAKARTA - Mengganti nasi dengan mi dalam beberapa hidangan mungkin merupakan pilihan yang memenuhi selera atau kebutuhan pribadi Anda. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya.

Salah satunya adalah kandungan nutisi. Nasi dan mi memiliki komposisi nutrisi yang berbeda. Nasi cenderung lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan mi . Sementara mi biasanya mengandung lebih banyak protein.

Sebelum mengganti nasi dengan mi, pastikan untuk menyesuaikan asupan nutrisi Anda dari sumber lain dalam makanan untuk memastikan keseimbangan nutrisi yang baik. Penting juga untuk memperhatikan porsi makanan.

Di mana mi cenderung lebih padat kalori dan karbohidrat dibandingkan nasi. Sehingga pastikan Anda tidak makan terlalu banyak mi untuk menghindari konsumsi kalori berlebihan.



Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa roti, mi dan pasta tidak termasuk makanan yang rendah kalori. Bahkan kalori ketiganya lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih.

“Roti, mi dan pasta tidaklah ringan. Kandungan kalorinya justru lebih tinggi daripada nasi putih,” kata Dr. Rita dikutip dari akun Instagram pribadinya, @ritaramayulis, Sabtu (20/4/2024).

Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) itu juga mengungkap kalori yang dimiliki nasi putih ada sebanyak 175 kalori per 100 gram nasi. Namun 100 gram roti putih bisa mengandung kalori hampir 218 kalori.

Sedankan, per 100 gram mi kering dalam jenis apapun mengandung kalori mencapai 350 kalori. “Nasi putih 100 gramnya kandungan kalorinya 175 kkal, tapi kalo 100 gram roti putih itu mengandung 218 kkal,” jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)