Viral! Lintah Menempel di Tenggorokan Pria hingga Suara Serak, Dikira Flu

Rabu, 01 Mei 2024 - 17:05 WIB
loading...
Viral! Lintah Menempel di Tenggorokan Pria hingga Suara Serak, Dikira Flu
Viral di media sosial lintah ditemukan menempel di tenggorokan seorang pria hingga menyebabkan suara menjadi serak. Kondisi ini dialami oleh pria asal Vietnam. Foto/Oddity Central
A A A
VIETNAM - Viral di media sosial lintah ditemukan menempel di tenggorokan seorang pria hingga menyebabkan suara menjadi serak. Kondisi ini dialami oleh pria asal Vietnam yang sempat mengira dirinya terkena flu ringan.

Dilansir dari Oddity Central, Rabu (1/5/2024) pria 53 tahun tersebut mengira terserang flu sampai ia meludahkan darah, dan pada saat itulah baru menyadari kondisinya buruk dari yang dikira.

Awalnya, ia mencoba mengidentifikasi penyebabnya sendiri dengan membuka mulutnya dan melihat ke cermin. Namun, pria itu tidak bisa melihat banyak selain apa yang tampak seperti gumpalan coklat di bagian atas tenggorokannya.

Pria tersebut panik dan segera mencari bantuan ke rumah sakit terdekat. Itu menjadi awal bagaimana ia mengetahui bahwa ada lintah yang menempel di tenggorokannya.



Viral! Lintah Menempel di Tenggorokan Pria hingga Suara Serak, Dikira Flu

Foto/Oddity Central

Ketika pria tersebut tiba di Rumah Sakit Nasional Endokrinologi di Hanoi dengan keluhan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan kadang-kadang meludah darah, dokter kemudian melakukan endoskopi. Hasilnya ditemukan lintah sepanjang 6 cm menempel kuat di tenggorokannya.

Lintah tersebut menempel tepat di bawah glotis dekat trakea. Lintah biasanya berhasil masuk ke dalam tubuh manusia karena kurangnya kebersihan.

Dalam kasus ini, pria tersebut mengatakan kepada dokter bahwa ia mengalami luka di tangannya saat memegang perangkap tikus sekitar sebulan sebelumnya. Ia kemudian memilih pengobatan herbal dengan mengunyah tanaman obat yang ditemukan di luar rumah.

Tanaman tersebut dikunyah hingga menjadi pasta dan dioleskan ke lukanya. Tangannya yang terluka karena perangkap tikus baik-baik saja, tapi dokter menduga akibat mengunyah daun yang belum dicuci menyebabkan lintah menempel di tenggorokannya.



Lintah biasanya berukuran kecil, tetapi dengan terus-menerus memakan darah, hewan tersebut dapat tumbuh dengan sangat cepat. Untuk menghindari situasi ini, dokter menyarankan masyarakat untuk menghindari sumber air yang terkontaminasi dan dedaunan yang kotor saat berada di alam liar.

Namun, ini bukan kasus pertama lintah menempel di tenggorokan. Sebelumnya, seorang pria Vietnam lainnya menjadi berita utama pada 2019 karena alasan yang sama. Namun hal ini dianggap sangat jarang terjadi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)