6 Tanda Serius dari Olahraga Berlebihan

Sabtu, 06 April 2019 - 17:30 WIB
6 Tanda Serius dari Olahraga Berlebihan
6 Tanda Serius dari Olahraga Berlebihan
A A A
JAKARTA - Olahraga teratur sangat penting untuk menurunkan berat badan . Aturan sederhananya adalah, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin cepat penurunan berat badan. Tetapi beberapa orang cenderung berlebihan dengan asumsi bahwa olahraga berlebih akan bermanfaat.

Orang-orang menghabiskan berjam-jam di gym, melatih berbagai jenis peralatan untuk mendapatkan kondisi yang baik. Tapi tahukah Anda bahwa berolahraga berlebihan sebenarnya bisa menjadi kecanduan? Pada kenyataannya, segala sesuatu yang berlebihan buruk bagi kesehatan, bahkan berolahraga.

Berikut 6 tanda serius berolahraga berlebihan yang harus Anda perhatikan, karena hidup ini terlalu singkat untuk menghabiskan semuanya di gym! (Baca juga: Kelebihan Berat Badan Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas ).

1. Merasa lebih lelah
Setelah menghabiskan berjam-jam di gym, jika Anda merasa sangat lelah daripada merasa bersemangat maka ada sesuatu yang salah. Jika Anda merasakan keinginan untuk tidur siang setelahnya, maka kemungkinan besar Anda terlalu memaksakan diri berolahraga. Sudah waktunya untuk beristirahat dan mengerjakan kembali jadwal latihan Anda.

2. Selalu kesal
Jika hal-hal kecil yang terjadi di sekitar Anda mengganggu Anda tanpa alasan, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda lelah. Merasa rewel dan murung sepanjang waktu menunjukkan bahwa tubuh Anda lelah dan Anda perlu rileks untuk sementara waktu. Pergi berlibur atau istirahat dari jadwal normal Anda.

3. Tidur
Apakah Anda merasa gelisah sebagian besar waktu atau tidak dapat tidur di malam hari dengan baik, tidak peduli seberapa lelah Anda? Ini mungkin karena pelatihan yang berlebihan. Tubuh kita menafsirkan olahraga berlebihan sebagai pemicu stres dan melepaskan hormon stres seperti kortisol sebagai respons yang membuat sulit tidur. Olahraga yang berlebihan membuat orang lebih lelah dari biasanya.

4. Kaki terasa berat
Terlalu banyak berolahraga dapat membuat kaki terasa seperti beban mati. Anda tidak akan bisa berjalan atau jogging dengan mudah dan kaki akan merasa terlalu lelah. Latihan yang berlebihan membuat otot tegang dan akibatnya, Anda menderita kram kaki. (Baca juga: Cable Seharusnya Tampil di X-Men: Days of the Future Past ).

5. Mudah sakit

Tubuh kita rusak ketika berolahraga berlebihan. Itu tidak mendapatkan istirahat yang tepat dan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Dalam situasi seperti itu, seseorang mudah sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

6. Kehilangan motivasi

Olahraga mendorong suasana hati karena meningkatkan endorfin yang terasa baik, tetapi melakukannya secara berlebihan dapat menurunkan energi Anda dan Anda akan merasa kurang termotivasi. Jika Anda tidak ingin berolahraga lagi atau tidak berminat melakukan hal-hal yang Anda sukai, maka istirahatlah dari jadwal harian Anda dan bersantai.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)