21 Penyakit yang Menyerang Tulang

Senin, 22 Juli 2024 - 07:31 WIB
loading...
A A A
8. Kanker tulang
Seperti namanya, kanker tulang dimulai dari tulang. Inilah yang disebut sebagai kanker tulang primer, dan sebenarnya jarang terjadi.

Yang lebih umum adalah kanker tulang sekunder (metastatik), yaitu kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh dan menyebar ke tulang.

9. Mieloma multipel
Multiple myeloma, kanker yang terbentuk pada sejenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Kanker ini sering kali menyerang beberapa area tubuh, seperti tulang belakang, tengkorak, panggul dan tulang rusuk.

10. Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit yang melemahkan tulang Anda. Penyakit ini berkembang ketika kepadatan mineral tulang dan massa tulang menurun atau ketika kualitas atau struktur tulang berubah.

11. Osteomielitis
Osteomielitis adalah infeksi pada tulang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau jamur dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan pada sumsum tulang, jaringan lunak di dalam tulang Anda.

12. Hiperparatiroidisme
Hiperparatiroidisme adalah ketika kelenjar paratiroid (di leher, dekat kelenjar tiroid) menghasilkan terlalu banyak hormon paratiroid. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan kadar kalsium tinggi dan kadar fosfor rendah dalam darah Anda. Terlalu banyak kalsium terbukti meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang dengan meningkatkan laju pergantian tulang (siklus kerusakan dan pembaruan tulang).

13. Penyakit tulang paget
Penyakit tulang paget adalah kelainan kronis yang menyebabkan tulang tumbuh lebih besar dan menjadi lebih lemah dari biasanya. Seiring waktu, tulang yang membesar atau cacat dapat memberikan tekanan pada sendi di sekitarnya, yang menyebabkan osteoartritis pada sendi tersebut.

14. Patah tulang
Patah tulang terjadi ketika sesuatu mengenai tulang Anda dengan kekuatan yang cukup untuk tidak hanya merusaknya, juga mematahkannya.

Patahnya tulang mengganggu struktur dan kekuatan tulang, serta menyebabkan nyeri, hilangnya fungsi, dan terkadang pendarahan serta cedera di sekitar lokasi tulang.

15. Osteodistrofi ginjal
Osteodistrofi ginjal adalah penyakit tulang yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak dengan penyakit ginjal kronis. Ini adalah salah satu komplikasi utama gangguan ginjal stadium akhir dan ditandai dengan defisiensi mineralisasi tulang akibat kelainan elektrolit dan endokrin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)