Segini Kadar Gula dalam Satu Piring Nasi, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Setiap 1 gram karbohidrat menghasilkan sekitar 4 kalori energi. Dalam tubuh, 1 gram karbohidrat dari nasi dapat diubah menjadi sekitar 1 gram glukosa. Jadi, jika dalam satu piring nasi terdapat 45 gram karbohidrat, maka setelah dicerna, ini bisa menjadi sekitar 45 gram glukosa.

Perbedaan antara Nasi Putih dan Nasi Merah



Nasi putih dan nasi merah memiliki perbedaan signifikan dalam kandungan nutrisinya. Nasi merah mengandung lebih banyak serat dan memiliki IG yang lebih rendah dibandingkan nasi putih, yaitu sekitar 50-55.

Hal ini membuat nasi merah lebih lambat dicerna dan diserap, sehingga kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat. Ini menjadikan nasi merah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah.



Dampak Kesehatan Konsumsi Nasi Berlebihan



Mengonsumsi nasi dalam jumlah besar secara rutin tanpa kontrol dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan, terutama pada penderita diabetes. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur porsi dan memilih jenis nasi yang lebih sehat, seperti nasi merah atau nasi dari gandum utuh.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)