Baru Putus Cinta? Pulihkan Diri Anda dengan Langkah-Langkah Berikut Ini

Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:39 WIB
loading...
Baru Putus Cinta? Pulihkan Diri Anda dengan Langkah-Langkah Berikut Ini
Ada langkah-langkah jangka pendek dan jangka panjang yang dapat dilakukan untuk memulihkan diri dari putus cinta. Foto: ilustrasi/Boundless
A A A
JAKARTA - Berpisah dengan orang yang dicintai bukanlah perkara mudah, bahkan jika Andalah yang memulai akhir hubungan . Apakah perpisahan Anda hanya sepihak atau timbal balik, mengakhiri hubungan bukanlah proses yang mudah. Pasalnya, ada serangkaian emosi yang harus dihadapi, beberapa di antaranya mungkin bertahan lebih lama daripada yang lain.

(Baca juga: Parade Musisi Hebat Meriahkan RCTI 31 Anniversary Celebration )

Ada juga langkah-langkah jangka pendek dan jangka panjang yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan diri dari putus cinta sehingga Anda dapat beralih ke hubungan yang sehat dan saling percaya di masa depan. Ini termasuk hubungan yang sehat dengan diri Anda sendiri.

Penyanyi muda Stevan Pasaribu pun memiliki tips bagaimana mengatasi perpisahan dengan orang dicintai. Menurut pelantun Belum Siap Kehilangan itu, galau dan menangis merupakan hal yang wajar saat berpisah dengan orang yang dicintai. Kendati demikian, Stevan menyarankan untuk tidak berlarut.

"Kalau kamu galau boleh, jangan ditahan dan tapi jangan larut. Boleh lihat ke belakang, tapi untuk jadi pelajaran. Ada yang bilang, ada yang baru (mencari pasangan baru) tapi itu belum tentu tepat karena bisa menjadi pelampiasan," kata Stevan saat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Stevan mengungkapkan bahwa kenangan yang dimiliki idealnya menjadi pijakan agar menjadi lebih kuat dan lebih baik di masa depan. Sebab, cepat atau lambat, setiap orang akan merasakan perpisahan, baik itu dengan kekasih, keluarga atau sahabat.

(Baca juga: Film Aquaman 2 Akan Dibuat Lebih Serius )

"Enggak apa-apa kalau kamu pernah merasa kehilangan, karena siap enggak siap kamu akan merasakan kehilangan. Membantu banget mengingat kenangan sebelumnya untuk menjadi pijakan di masa depan," ungkapnya.

Di sisi lain, penting untuk mengekspresikan emosi sebagai langkah pertama Anda menuju pemulihan. Proses berduka bisa mengalami pasang surut, dan Anda bisa mengalami kesedihan dan kemarahan di saat berikutnya. Beberapa orang bahkan mungkin mengalami kelegaan.

Putus cinta sendiri dapat menimbulkan banyak perasaan dan tahapan emosi. Termasuk di antaranya penerimaan --terutama segera setelah putus, bantuan, syok, penyangkalan, kesedihan, penolakan, rasa sakit, pengkhianatan, takut, rasa malu dan kesedihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)