Indonesia Tempati Posisi Keenam Konsumen Kopi Terbesar di Dunia

Senin, 30 September 2019 - 22:32 WIB
Indonesia Tempati Posisi Keenam Konsumen Kopi Terbesar di Dunia
Indonesia Tempati Posisi Keenam Konsumen Kopi Terbesar di Dunia
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), konsumsi kopi di Indonesia selama 2016 hingga 2017 tercatat telah mencapai 276 juta kilogram. Hal ini menempatkan Indonesia di posisi keenam konsumen kopi terbesar di dunia.

Selain itu, pasar kopi ritel di Indonesia diperkirakan akan naik sebesar 11,4 persen secara total dari 2017 sampai 2021. Memasuki fase gelombang ketiga atau biasa disebut third wave coffee, para penikmat kopi saat ini tidak lagi hanya ingin menikmati, tetapi juga ingin tahu lebih banyak tentang perjalanan kopi sejak dipanen hingga tersaji.

Hal ini membuat orang benar-benar menghargai kualitas kopi layaknya benda seni yang bernilai mahal. Padahal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik, kopi Indonesia berkualitas haruslah dapat dinikmati siapapun dengan harga terjangkau. Sementara, saat ini kedai kopi bukan hanya menjadi destinasi yang dipilih konsumen untuk membeli kopi secara grab and go.

Tren publik yang melakukan berbagai kegiatan bersama rekan kerja dan orang-orang terdekat di kedai kopi kini menjadi kebiasaan sehari-hari. Melirik tren pasar tersebut, sejumlah kedai kopi pun hadir dengan mengusung konsep menarik dan serba baru.

Mulai dari memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari tempat bekerja atau berkumpul dengan rekan kerja sambil menikmati suguhan kopi yang berkualitas hingga menghadirkan kopi ala Indonesia. Tentunya keragaman yang ditawarkan ini membuat para pecinta kopi semakin banyak memiliki pilihan yang beragam.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5133 seconds (0.1#10.140)