Berhadapan di Oscar, Joker Diprediksi Bakal Pecundangi Iron Man

Kamis, 03 Oktober 2019 - 19:30 WIB
Berhadapan di Oscar, Joker Diprediksi Bakal Pecundangi Iron Man
Berhadapan di Oscar, Joker Diprediksi Bakal Pecundangi Iron Man
A A A
Mendekati musim penghargaan film, banyak usaha yang dilakukan studio film agar film mereka masuk nominasi dan akhirnya menang. Salah satu penghargaan yang paling diincar adalah Oscar atau Academy Awards. Sejumlah studio telah melakukan kampanye agar film mereka masuk nominasi penghargaan bergengsi itu. Salah satunya adalah Disney.

Disney telah memulai kampanye mereka beberapa waktu lalu. Salah satu film yang dikampanyekan adalah Avengers: Endgame. Meskipun dianggap tidak akan menang kategori Film Terbaik, tapi, Disney bisa memperjuangkan kategori lain, yaitu Aktor Terbaik lewat Robert Downey Jr., pemeran Tony Stark/Iron Man di film tersebut. Lantas, seperti apa peluangnya?

Disney sepertinya harus berjuang keras untuk membuat Robert mendapatkan nominasi Aktor Terbaik Oscar 2020. Ini karena lawannya tidak main-main. Robert bahkan berpeluang untuk tidak memenangkan kategori itu meskipun masuk nominasi. Di kategori ini, dia harus berhadapan dengan Joaquin Phoenix, pemeran Joker, yang diproduksi Warner Bros. Pictures.

Avengers: Endgame adalah event sinematik terbesar pada 2019 yang menandai akhir dari tiga personel asli Avengers dan menampilkan pertarungan terbesar film superhero saat ini. Endgame juga menandai berakhirnya peran Robert sebagai Tony Stark/Iron Man di franchise yang telah dia mulai pada 2008. Penampilannya di film ini pun mendapatkan banyak pujian dan banyak yang menganggap bahwa Robert layak mendapatkan Oscar untuk perannya tersebut.

Di sisi lain, Joker adalah salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini. Meskipun tidak sebesar Endgame, tapi, Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix ini sudah punya kekuatan dan dengan mudah akan mendapatkan tempat di nominasi Oscar. Joaquin jelas akan masuk nominasi Aktor Terbaik Oscar tahun depan berkat penjiwaannya yang mengagumkan sebagai Joker di film itu. Joaquin pun bisa dengan mudah mempecundangi Robert dan membawa pulang Oscar kategori Aktor Terbaik.

Yang jelas, Disney memang harus bekerja keras untuk bisa memasukkan Robert ke nominasi tersebut. Meskipun penampilan Robert sangatlah kuat dan menjadi inti sejumlah momen emosional di Endgame, Academy bukanlah penggemar film superhero secara umum—tapi, masih mungkin dia dinominasikan. Memang masih jauh, tapi hal-hal aneh terjadi di Oscar. Namun, jika Robert kalah di kategori Aktor Terbaik Oscar dari Joaquin, maka itu tidak hanya akan menjadi hattrick kekalahan Robert di ajang itu. Ini akan menjadi kedua kalinya bagi Robert dikalahkan aktor yang memerankan Joker.

Dikutip dari Screen Rant, pada 2009, Robert dinominasikan untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik Oscar lewat perannya sebagai Kirk Lazarus di Tropic Thunder. Namun, dia kalah dari Heath Ledger yang memerankan Joker di The Dark Knight. Dan, kekalahan itu terjadi di tahun ketika Robert meluncurkan MCU dengan memerankan Iron Man.

Nominasi Oscar pertama Robert terjadi pada 1993 ketika dia dinominasikan untuk Aktor Terbaik atas perannya sebagai Charlie Chaplin di film Chaplin. Dia kalah dari Al Pacino yang memerankan Letnan Kolonel Frank Slade di Scent of a Woman. Sementara, Joaquin Phoenix sudah dinominasikan 3 kali di Oscar, yaitu pada 2001, 2006 dan 2013. Jika dia masuk kembali ke Oscar tahun depan, maka itu akan menjadi nominasinya yang ke-4.

Joaquin punya kans memenangkan Oscar pertamanya lewat Joker. Robert punya peluang kalah lagi dari Joker. Ini tentu akan menjadi sebuah cerita dan Academy jelas akan suka. Semuanya ini karena industri film itu penuh kejutan. Jadi, tinggal menantikan apakah kedua orang itu akan dinominasikan meskipun peluangnya lebih besar untuk Joaquin ketimbang Robert.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9373 seconds (0.1#10.140)