8 Cara Masak Nasi Putih Agar Rendah Gula dan Lebih Pulen

Minggu, 01 September 2024 - 15:40 WIB
loading...
A A A

3. Gunakan Rasio Air yang Tepat


Rasio air yang digunakan saat memasak nasi sangat mempengaruhi tekstur akhir nasi. Untuk membuat nasi lebih pulen, tambahkan sedikit lebih banyak air dari biasanya. Secara umum, perbandingan 1:1,5 atau 1:2 (beras : air) direkomendasikan.

Namun, rasio ini bisa disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan. Beras yang lebih tua biasanya membutuhkan lebih banyak air untuk menjadi pulen.

4. Tambahkan Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun


Menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam air rebusan dapat membantu mengurangi kadar gula dalam nasi. Minyak ini mengikat amilosa dalam beras.

Sehingga mengurangi proses pencernaan karbohidrat menjadi gula. Selain itu, minyak juga membantu nasi menjadi lebih lembut dan pulen.



5. Gunakan Metode Penirisan


Setelah nasi matang, tiriskan kelebihan air yang ada di dalamnya. Cara ini mirip dengan metode memasak pasta. Setelah nasi matang, buang airnya dan kukus kembali nasi tersebut selama beberapa menit.

Teknik ini membantu menghilangkan sebagian besar kandungan pati dalam nasi, yang secara tidak langsung dapat menurunkan kadar gula dalam nasi.

6. Kukus Nasi setelah Dimasak


Setelah nasi matang, kukus nasi selama 10-15 menit. Proses pengukusan ini akan membuat nasi lebih pulen karena butir nasi akan lebih mengembang dan mengunci kelembapan di dalamnya.

Selain itu, pengukusan membantu nasi lebih stabil dari segi kadar gula. Ini karena proses pemanasan ulang dapat menurunkan indeks glikemik nasi.

7. Hindari Mengaduk Berlebihan


Setelah nasi matang, hindari mengaduk nasi secara berlebihan. Pengadukan yang berlebihan dapat merusak butiran nasi dan membuatnya lengket.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)