HiLo School Gelar Program Kelas Belajar dan Bermain yang Edukatif

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 05:05 WIB
loading...
HiLo School Gelar Program Kelas Belajar dan Bermain yang Edukatif
Hadirnya pandemi ini sangat mempengaruhi cara belajar anak-anak, sehingga mereka perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan lebih dari orang tua. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - HiLo School untuk kali pertama mengadakan HiLo School Learn & Play 2020. Sebuah program kelas belajar dan bermain yang edukatif serta menyenangkan secara virtual guna mendukung anak-anak Indonesia usia sekolah dasar tetap sehat, aktif, berprestasi dan tumbuh optimal selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

(Baca juga: Pentingnya Asupan Nutrisi yang Tepat untuk Pertumbuhan Anak )

HiLo School Learn & Play 2020 hadir sebagai program untuk melengkapi materi ajar kurikulum sekolah dari pemerintah, sebagai bentuk inovasi terbaru dan wujud komitmen dari HiLo School untuk tetap relevan dengan kebutuhan adik-adik Indonesia.

Berlangsung sejak Agustus-Desember 2020, HiLo School Learn & Play 2020 berharap dapat menemani dan mendukung hingga 350.000 anak-anak di 10.000 sekolah dasar dari seluruh Indonesia mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mereka selama masa belajar jarak jauh ini. Seluruh kegiatan HiLo School Learn & Play 2020 pun diadakan gratis, tanpa berbayar, dan dapat diikuti oleh adik-adik dari Sabang sampai Merauke.

"Pandemi telah mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk cara belajar anak-anak usia sekolah dasar. Pemerintah Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, sebagai bentuk adaptasi dunia pendidikan terhadap situasi saat ini," kata Head of Marketing Nutrifood, Susana saat konferensi pers virtual, baru-baru ini.

"Tentunya hal ini menuntut banyak pihak, mulai dari sekolah, guru, anak dan orang tua untuk menyesuaikan cara belajar mengajar yang baru. Kami percaya bahwa belajar dan bermain secara online bisa tetap menyenangkan, serta ingin mendukung anak-anak Indonesia agar tetap aktif dan berprestasi di masa yang cukup menantang ini," sambungnya.

Praktisi pendidikan dan komunikasi serta ibu dari tiga orang anak, Dr. Vivid F. Argarini menjelaskan bahwa usia sekolah dasar (6-12 tahun) adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak. Hadirnya pandemi ini sangat mempengaruhi cara belajar anak-anak, sehingga mereka perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan lebih dari orang tua, keluarga, guru dan sekolah, untuk memastikan belajar dan bertumbuh dengan baik, mulai dari kesehatan fisik, interaksi sosial, serta pengembangan logika dan kreativitas mereka.

"Program pembelajaran yang baik adalah yang melatih anak terkait keahlian masa depan, seperti problem solving, pembuatan keputusan, kolaborasi, networking, komunikasi, kreativitas, kemampuan analisis mendalam dan berpikir kritis, serta pengertian lintas budaya, serta yang sangat penting yaitu manners (sikap)," jelas Dr. Vivid.

"Hal ini bertujuan untuk membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia yang semakin kompleks dan menantang. Inilah mengapa kegiatan belajar harus menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka, sehingga anak-anak dapat bertumbuh optimal," lanjutnya.

Adapun mata ajar yang dihadirkan di HiLo School Learn & Play 2020 merupakan pelengkap materi ajar kurikulum sekolah, dengan serangkaian kegiatan belajar dan bermain yang seru serta menggabungkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak usia sekolah dasar. Beberapa bidang atau subtema yang diajarkan cukup beragam, mulai dari ciri-ciri makhluk hidup, hewan dan tumbuhan, beragam cita-cita, hingga sumber energi.

(Baca juga: Memastikan Tumbuh Kembang Anak dengan Mengukur Tinggi Badan )

"Program ini akan terus dikembangkan, dengan topik yang menarik dan relevan bagi adik-adik usia sekolah dasar serta menunjang kurikulum utama sekolah," tutup Susana.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)