Ide Menu di Pengujung Ramadhan yang Mudah Dibuat ala Chef Arnold

loading...
Ide Menu di Pengujung Ramadhan yang Mudah Dibuat ala Chef Arnold
Menu kakap putih sambal kemangi. Foto-Foto/Istimewa
JAKARTA - Chef Arnold memberikanide menu agar ibu rumah tangga tak kehabisan akal soal makanan apa yang harus disiapkan untuk keluarga di pengujung Ramadhan kali ini.

Tak terasa sebentar lagi Ramadhan akan berakhir. Pada pekan terakhir di bulan puasa ini biasanya masyarakat sudah mulai kehabisan ide terkait menu apa lagi yang bisa dimasak dan dihidangkan untuk keluarga, karena segala macam resep sudah dicoba.

Padahal, ada banyak bahan makanan sehari-hari yang bisa dieksplorasi serta diolah menjadi menu baru yang lezat sekaligus menambah semangat kala menyambut hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Bipang Ambawang Viral, Jubir Jokowi Sebut Itu Jajanan Zaman Dulu



Celebrity Chef Arnold Poernomo memberikan ide menu jelang lebaran yang mudah dibuat. Menurut Chef Arnold , menu unik dan lezat bukan berarti harus menggunakan bahan yang mahal atau hanya tersedia di toko tertentu.

Berikut lima menu yang bisa dijadikan inspirasi sajian buat keluarga di rumah jelang lebaran.

1. Panna Cotta Saus Kurma

Salah satu buah yang paling banyak dan mudah ditemukan saat Ramadhan adalah kurma. Sebagai buah anjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa, kurma ternyata bisa diolah menjadi saus untuk dessert modern.

“Cara membuatnya mudah. Kurma bisa diblender bersama air, lalu dimasak menggunakan api kecil dengan sedikit gula dan garam. Kemudian diaduk sampai mengental dengan tekstur saus yang diinginkan,” ucap Chef Arnold melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

2. Tahu Walik



Ide Menu di Pengujung Ramadhan yang Mudah Dibuat ala Chef Arnold


Selain kurma, tahu juga menjadi bahan makanan andalan yang selalu ada di rumah selama Ramadhan karena bergizi dan mudah ditemukan.

“Kalau sudah bosan dengan menu tahu yang itu-itu saja, bisa dicoba resep tahu walik dengan sambal colo-colo yang pedas dan menyegarkan,” ujar Chef Arnold.

Tahu walik merupakan tahu pong biasa yang dibalik dan ditambahkan tepung tapioka serta ayam dan bumbu-bumbu di dalamnya. Yang menambah keunikan rasanya adalah cocolan sambal colo-colo yang menggabungkan berbagai jenis cabai, bawang, dengan sambal jadi dan jeruk nipis.

Baca Juga: Resep-Resep Menu Idul Fitri yang Lezat dan Menyehatkan

3. Kakap Putih Sambal Kemangi

Agar tidak terlalu mengenyangkan, ikan kakap bisa menjadi pilihan protein yang tepat karena teksturnya yang tak keras. Yang penting ikan tersebut harus segar.

“Agar tidak amis, lumuri ikan dengan garam dan merica sebelum digoreng, lalu beri tambahan kecap inggris dan kecap manis sebagai perasa. Terakhir beri sentuhan daun bawang dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Agar lebih sedap, sajikan dengan sambal bawang dan kemangi untuk memberikan rasa khas Nusantara,” pungkas Chef Arnold.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top