Bahaya Minum Dexamethasone Tanpa Resep Dokter, Ini Efeknya bagi Kesehatan

Senin, 28 Juni 2021 - 13:00 WIB
loading...
A A A
3. Infeksi

Dexamethasone dapat menutupi atau memperburuk infeksi tertentu. Selain itu, infeksi dapat berkembang selama perawatan. Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki infeksi jamur atau riwayat infeksi parasit atau TBC.

4. Masalah Mata

Penggunaan dexamethasone jangka panjang dapat menyebabkan masalah mata seperti katarak atau glaukoma. Obat ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada saraf optik atau infeksi mata jamur atau virus.

5. Campak atau Cacar Air

Beri tahu dokter Anda jika Anda belum pernah terkena campak atau cacar air agar dokter tidak meresepkan Anda dexamethasone. Penggunaan obat ini pada orang yang belum pernah kena campak akan memiliki versi penyakit yang lebih serius.

Sementara itu, di Twitter Dokter Andi Khomeini Takdir mengimbau agar pasien COVID-19 tidak sembarang menggunakan dexamethasone tanpa pantauan dokter. Sebab, kondisi parah bisa terjadi.



"Dok, pasien baru ada melena (perdarahan saluran cerna). Dok, pasien baru dengan mual, muntah, nyeri ulu hati. Laporan semacam ini semakin sering kami terima. Sebagian dari mereka riwayat konsumsi dexamethasone. Sebagian lainnya konsumsi NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs, tanpa pantauan dokter," ungkapnya di Twitter.

Jadi, perlu ditekankan di sini bahwa penggunaan obat apa pun, termasuk dexamethasone khususnya pada pasien COVID-19, harus sesuai dengan anjuran dokter. Jangan membelinya secara umum tanpa resep dokter karena ini akan sangat membahayakan diri Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)