Ini Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diwaspadai

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:25 WIB
loading...
A A A
"Bisa terjadi malam karena, suhu tubuh turun antara jam 2 sampai 6 pagi. Hormon yg berfungsi melawan peradangan namanya kortisol kadarnya juga menurun pada pukul 12 malam-4 pagi," kata dr. Farrel kepada MPI (23/10/2021).

2. Bengkak

Seperti yang sudah dijelaskan, asam urat merupakan bentuk peradangan sendi. Setiap ada peradangan/inflamasi di tubuh, maka akan menimbulkan gejala seperti bengkak.

Menurut dr. Farrel, bengkak pada asam urat disebabkan dari akumulasi kristal monosodium urat. Ketika kristal monosodium urat yang mengendap di sendi sudah banyak, hal ini akan kan memicu respon peradangan.

3. Merah pada Area Sendi Kaki

Selain bengkak, kulit area sendi juga bisa berubah menjadi kemerahan. Hal ini dikarenakan, aliran darah ke daerah yang mengalami peradangan meningkat

4. Rasa Hangat di Area Sendi

Ketika salah satu sendi kaki terjadi peradangan, penderita akan merasakan sensasi hangat pada sendi yang mengalami asam urat. Jika dibandingkan dengan sendi lain yang normal, akan terasa perbedaannya.

5. Keluhan Sistemik

Dokter Farrel menjelaskan, penderita asam urat juga bisa mengalami gejala berupa keluhan sistemik. Keluhan yang dimaksud seperti misalnya demam, menggigil, serta merasa mudah lelah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)