Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat

Senin, 29 November 2021 - 17:55 WIB
loading...
A A A
Sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah utuh, terutama blueberry, anggur, dan apel, memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Para peneliti juga melaporkan bahwa minum jus buah meningkatkan risiko mengembangkan kondisi tersebut.

3. Ubi

Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat


Kentang biasa memiliki skor GI tinggi, tetapi ubi jalar memiliki indeks glikemiks rendah dan sangat bergizi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat daripada kulitnya, menunjukkan bahwa seluruh sayuran dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Melaporkan temuan penelitian pada hewan, para peneliti juga mencatat bahwa konsumsi ubi jalar dapat menurunkan beberapa penanda diabetes.

Meskipun masih belum ada bukti konklusif bahwa ubi jalar dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah pada manusia, ubi jalar tidak diragukan lagi merupakan makanan yang sehat dan bergizi dengan skor GI rendah.

4. Oatmeal

Diabetes, 8 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat


Oat memiliki IG 55 atau lebih rendah dan mengandung B-glukan. Kandungan B-glukan mampu mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan dan
meningkatkan sensitivitas insulin. Oatmela juga membantu menjaga kontrol glikemik dan mengurangi lipid darah (lemak).

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 dari 16 studi menyimpulkan bahwa gandum memiliki efek menguntungkan pada kontrol glukosa dan profil lipid pada orang dengan diabetes tipe 2. Menentukan dampak konsumsi oat pada diabetes tipe 1 membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)