5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 4 Sering Diabaikan

Kamis, 27 Januari 2022 - 12:47 WIB
loading...
A A A
3. Jangan Tunda Konsultasi Jika Timbul Gejala KIPI

Ingatlah bahwa vaksinasi memerlukan waktu untuk memulai responsnya di dalam tubuh Anda. Kemudian, tubuh Anda akan mengembangkan kekebalan beberapa minggu setelah dosis kedua.

Hal yang tidak dapat terhindarkan adalah munculnya efek samping seperti nyeri dan ketidaknyamanan pada lengan atau kelelahan biasanya mereda dalam beberapa hari. Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter Anda jika ada efek samping yang parah atau gejalanya tidak mereda.

4. Hindari Aktivitas Fisik Berat

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin. Hindari tindakan-tindakan yang membuat tubuh stres atau merasa tertekan.

5. Jangan Lewatkan Vaksinasi Lain

Beberapa vaksin dewasa lainnya mungkin tidak dapat dihindari dan tidak boleh dilewatkan meski kita sudah divaksinasi Covid-19.

Namun, disarankan untuk menjaga jarak setidaknya 28 hari antara vaksin Covid-19 dan vaksin lain yang diperlukan. Jika jadwal tidak dapat diubah, maka tempat yang berbeda (lengan atau paha) harus digunakan untuk vaksin lain. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menjadwalkan vaksinasi.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)