Mengeluarkan Air Mata saat Menguap? Kenali 4 Penyebabnya

Rabu, 27 April 2022 - 13:59 WIB
loading...
A A A


3. Sindrom Mata Kering


Keluarnya air mata saat menguap juga bisa menjadi gejala mata kering. Sindrom mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan pelumas yang cukup untuk melindungi mata.

Jika mengalami sindrom mata kering, mata dapat mudah mengeluarkan air hanya dengan menguap. Keluarnya air mata saat menguap akibat mata kering juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain yang terjadi bersamaan.

Seperti cuaca dingin atau kering, angin dari kipas angin atau AC, iritasi mata karena debu, wewangian, atau produk semprot, alergi, konjungtivitis, kornea tergores dan bintitan.

4. Tubuh dan Mata Anda Lelah

Orang cenderung menguap saat merasa lelah, misalnya setelah seharian menatap layar komputer atau handphone. Kelelahan ini juga tentunya dapat berdampak pada mata.

Mata lelah mungkin dalam kondisi kering, sehingga merangsang keluarnya air mata. Hal ini terjadi terutama saat menguap memberikan tekanan pada kelenjar lakrimal.

Mengetahui normal atau tidaknya air mata yang keluar saat menguap tidak bisa dilihat dari seberapa banyak air yang dikeluarkan. Tetapi, jika air mata yang keluar saat menguap cukup banyak dan mengganggu, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter mata (ophthalmologist).


Namun, jangan ragu konsultasikan kepada dokter mata bila mata terus-menerus berair ataupun disertai keluhan lainnya. Dapatkan info penting seputar kesehatan mata di aplikasi KlikDokter.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)