7 Makanan Sehat yang Tinggi Kolesterol, Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Minggu, 21 Agustus 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
5. Kerang

7 Makanan Sehat yang Tinggi Kolesterol, Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Foto/Getty Images

Kerang termasuk kerang, kepiting dan udang merupakan sumber protein, vitamin B, zat besi dan selenium yang sangat baik. Makanan laut ini juga tinggi kolesterol. Misalnya, 3 ons (85 gram) porsi udang kalengan menyediakan 214 mg kolesterol.

Selain itu, kerang mengandung komponen bioaktif, seperti antioksidan karotenoid dan asam amino taurin, yang membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan laut menunjukkan tingkat penyakit jantung, diabetes, dan penyakit inflamasi yang lebih rendah seperti radang sendi daripada mereka yang makan lebih sedikit makanan laut.

6. Keju

7 Makanan Sehat yang Tinggi Kolesterol, Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Foto/Medical News Today

Sepotong tunggal (22 gram) keju Swiss menyediakan sekitar 20 mg kolesterol. Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju penuh lemak tidak meningkatkan kadar kolesterol.

Satu studi pada 162 orang menemukan bahwa makan 3 ons (80 gram) keju penuh lemak per hari tidak meningkatkan kolesterol jahat bila dibandingkan dengan jumlah rendah lemak yang sama. Karena keju tinggi kalori, tetap makan porsi yang direkomendasikan yaitu 1-2 ons (28-56 gram) sekaligus untuk menjaga porsi tetap terkendali.


7. Telur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)