4 Minuman Tradisional Penurun Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah

Rabu, 31 Agustus 2022 - 05:25 WIB
loading...
A A A
3. Kayu Manis

Minuman yang dicampur dengan kayu manis ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Secara umum kayu manis, dikenal sebagai rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus cinnamomum.

Kemanjurannya terbukti dalam sebuah penelitian pada hewan, yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.

Melansir Healthline bahwa mereka yang mengonsumsi 500-2.400 mg kayu manis setiap hari, selama 12 minggu dapat mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.

4. Jahe

Secara umum jahe dikenal sebagai salah satu bahan bumbu masak. Namun juga dapat digunakan sebagai minuman tradisional untuk menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian pada manusia dan hewan, menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe mengurangi tekanan darah dalam beberapa cara. Ini bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan inhibitor ACE (Angiotensin-converting enzyme).

Baca juga: 4 Film China Bergenre Aksi yang Dibintangi Donnie Yen, Nomor 3 Berbalut Komedi

Sementara penelitian pada lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi jahe 2-4 gram per hari, memiliki risiko paling rendah terkena tekanan darah tinggi.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)