Mengenal Terapi TIL, Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker Melanoma yang Mirip Terapi CAR-T

Minggu, 11 September 2022 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Meski begitu, kondisi para pasien sejauh ini masih dilacak. Namun, dipastikan bahwa rata-rata keseluruhan waktu bertahan hidup untuk pasien kanker yang menerima terapi TIL adalah lebih dari dua tahun, dibandingkan pengobatan dengan ipilimumab yang hanya 1,5 tahun.

Haanen juga memastikan, jika seorang pasien bisa mendapatkan remisi lengkap, kemungkinan bertahan hidup dari pasien bahkan bisa bertahun-tahun lamanya.

Sebagai informasi, selain terapi TIL, sebelumnya, Imunoterapi kanker dengan CAR-T dalam beberapa tahun terakhir ini telah dikembangkan dengan pesat, terutama untuk kanker yang lebih agresif.

Terapi CAR-T merupakan salah satu metode imunoterapi yang sedang dikembangkan secara luas saat ini.

Terapi ini dinilai cukup efektif untuk membunuh sel kanker dan sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan, terutama untuk keganasan hematologi dan beberapa tumor solid.

Sel T merupakan komponen dari sistem imun yang berfungsi melawan infeksi. Terapi sel T dilakukan dengan cara mengambil sel T pasien dengan prosedur leukapheresis.

Sel T yang diambil kemudian direkayasa di laboratorium agar reseptor sel T tersebut dapat mengenali antigen spesifik pada sel kanker, sehingga akan menghancurkan sel kanker secara spesifik.

Sel T yang dimodifikasi ini disebut dengan sel T reseptor antigen kimerik atau chimeric antigen receptor T-cell (CAR T). Sel T yang telah dimodifikasi kemudian direinfusikan kembali ke dalam tubuh pasien dalam waktu 2 minggu.

Pasien harus mendapatkan kemoterapi sebelum reinfusi sel T CAR dilakukan. Sel T CAR yang telah direinfusi akan diperbanyak di dalam tubuh.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)