10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Tanpa Obat

Kamis, 24 November 2022 - 07:04 WIB
loading...
A A A
6. Kelola Stres

Stres adalah penyebab utama tekanan darah tinggi. Saat mengalami stres kronis, detak jantung akan lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Anda juga cenderung melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi seperti minum alkohol atau makan makanan olahan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bagaimana mengurangi stres dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sementara itu, stres bisa diatasi dengan mendengarkan musik yang menenangkan dan bekerja lebih sedikit.

7. Makan Coklat

Meskipun makan cokelat hitam dalam jumlah besar mungkin tidak akan membantu jantung Anda, tapi jumlah kecil bisa. Itu karena cokelat hitam dan bubuk kakao kaya akan flavonoid, yaitu senyawa tumbuhan yang menyebabkan pembuluh darah melebar.

Sebuah studi menemukan bahwa kakao yang kaya flavonoid dapat mengurangi tingkat tekanan darah jangka pendek pada orang dewasa yang sehat. Untuk efek terkuat, gunakan bubuk kakao non-alkali, yang sangat tinggi flavonoid dan tidak mengandung gula tambahan.

8. Menurunkan Berat Badan

Pada orang yang obesitas, menurunkan berat badan dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan jantung. Sebuah studi yang dirilis pada 2016, kehilangan 5 persen dari berat badan dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

Efeknya bahkan lebih besar bila penurunan berat badan dibarengi dengan olahraga. Menurunkan berat badan dapat membantu pembuluh darah mengembang dan berkontraksi, sehingga memudahkan ventrikel kiri jantung untuk memompa darah.

9. Berhenti Merokok
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2150 seconds (11.97#12.26)