10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Tanpa Obat

Kamis, 24 November 2022 - 07:04 WIB
loading...
A A A
Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan natrium untuk melihat apakah ada bedanya. Tukar makanan olahan dengan bahan-bahan segar dan cobalah membumbui dengan bumbu dan rempah daripada garam.

3. Kurangi Minum Alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan kronis. Termasuk tekanan darah tinggi
Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol dalam jumlah rendah hingga sedang dapat melindungi jantung. Manfaat tersebut dapat diimbangi oleh efek samping.

4. Konsumsi Makanan Kaya Potasium

Kalium adalah mineral penting yang membantu tubuh menyingkirkan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Pola makan modern telah meningkatkan asupan natrium kebanyakan orang sekaligus mengurangi asupan kalium.

Untuk mendapatkan keseimbangan kalium dan natrium yang lebih baik dalam makanan, fokuslah untuk makan lebih sedikit makanan olahan dan lebih banyak makanan segar dan utuh.

5. Kurangi Kafein

Orang yang minum kopi atau teh berkafein cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.Namun, tidak banyak bukti yang menunjukkan bahwa minum kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Namun, jika curiga Anda sensitif terhadap efek kafein, pertimbangkan untuk menguranginya untuk melihat apakah itu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Makan dengan Kulitnya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2253 seconds (11.252#12.26)