Penyebab, Faktor Risiko, dan Cara Mencegah Terjadinya Keloid

Senin, 05 Desember 2022 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Faktor Risiko

Adapun faktor risiko keloid seperti memiliki riwayat keloid pribadi atau keluarga. Keloid dapat diturunkan dalam keluarga, menunjukkan bahwa kecenderungannya mungkin diwariskan.

Jika Anda pernah memiliki satu keloid, Anda berisiko mengembangkan yang lain. Faktor risiko lain adalah, berusia di bawah 30 tahun. Anda lebih mungkin mengembangkan keloid jika berusia antara 20 dan 30 tahun.

Adapun komplikasi yang ditimbulkan keloid, apabila keloid tersebut terletak di persendian yang dapat mengembangkan jaringan keras dan kencang yang membatasi gerakan.

Pencegahan

Jika Anda cenderung mengembangkan keloid, berikut ini adalah tips perawatan untuk mencegah keloid.

1. Lakukan Perawatan Luka yang Baik

Jaga agar luka tetap bersih dan lembab. Cuci area tersebut secara perlahan menggunakan sabun lembut dan air. Oleskan selapis tipis petroleum jelly atau salep lain. Oleskan kembali salep sepanjang hari sesuai kebutuhan.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan untuk mengoleskan bantalan tekanan atau bantalan gel silikon ke luka selama penyembuhan. Orang dewasa perlu melakukan langkah pencegahan ini selama enam bulan setelah cedera kulit, dan anak-anak hingga 18 bulan.

2. Lindungi Kulit dari Cedera
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)