Punya Semua yang Terbaik, Ini 8 Destinasi Wisata Unggulan di Jember yang Wajib Anda Kunjungi!

Rabu, 14 Desember 2022 - 20:25 WIB
loading...
A A A
Jember tak bisa dilepaskan dengan sejarah panjang tembakau Nusantara. Itu pula yang membuat daun tembakau menghiasi lambang resmi Kabupaten Jember. Iklim dan tanah Jember sangat cocok untuk budidaya tembakau kelas unggul di antaranya tembakau besuki na-oogst untuk cerutu dan tembakau kasturi untuk rokok. Aroma dan rasa tembakau Jember tak ada duanya serta dikenal sebagai tembakau berkualitas dunia.

Museum Tembakau yang berlokasi di Jalan Kalimantan menjadi pusat wisata edukasi yang menarik untuk menambah wawasan. Sejumlah diorama, foto, gambar, miniatur dan barang yang dipamerkan menggambarkan sejarah tembakau Jember sejak masa Kolonial, proses pengolahan serta beragam jenis daun tembakau yang ada.

“Selain menjadi cerutu dan rokok, limbah tembakau ternyata bisa juga menjadi bahan parfum, sabun, balsam briket hingga pestisida. Di museum ini dipamerkan semuanya,” kata Sunito, pemandu museum.



4. Pabrik Cerutu Bin Cigar
Punya Semua yang Terbaik, Ini 8 Destinasi Wisata Unggulan di Jember yang Wajib Anda Kunjungi!

Foto/Dok HAM

Di sinilah persinggahan utama perjalanan selembar daun tembakau unggulan dari perkebunan rakyat di Jember hingga menjadi cerutu siap pakai berkelas dunia. Cerita Cerutu.

Dalam pabrik ini, setiap hari rata-rata 1.500-3.000 pekerja memilah dan mengelompokkan kualitas daun-daun tembakau berdasarkan ukuran, warna dasar dan kondisi lainnya. Setiap pekerja –yang semuanya perempuan- mampu menangani hingga 20 kilogram daun tembakau per hari. Daun tembakau lalu dikeringkan, kemudian difermentasi sebelum diproses menjadi cerutu.

“Selembar daun tembakau menempuh waktu hingga 3 tahun sejak panen hingga menjadi cerutu. Melalui 600 sentuhan orang,” kata pemilik pabrik, komisaris PT Boss Image Nusantara (BIN) Cigar, Febrian A Kahar.

Tak jauh dari sini, ada outlet Bin Cigar. Di sinilah sentra proses finishing sebelum semua tembakau Bin Cigar dikemas. Aroma dan rasa berbagai jenis cerutu BIN Cigar tak kalah dengan produksi Kuba. Bahkan ada beberapa yang sangat identik dengan cerutu kuba seperti Montecristo dan Cohiba. Selain memproduksi dan mengekspor cerutu, BIN Cigar juga mengekspor daun tembakau.

“Kami punya 24 merek dan 15 negara tujuan ekspor. Per tahun rara-rata kami mengekspor 100-200 ton tembakau,” sebut Febrian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)