Punya Semua yang Terbaik, Ini 8 Destinasi Wisata Unggulan di Jember yang Wajib Anda Kunjungi!

Rabu, 14 Desember 2022 - 20:25 WIB
loading...
A A A
Tersedia beragam pilihan rasa yaitu sirsak, cokelat, susu, nanas dan durian. Proses pembuatan prol tape dan suwar suwir menjadi atraksi tersendiri bagi wisatawan sebelum mereka memborongnya sebagai oleh-oleh.



7. Pabrik Edamame M27
Punya Semua yang Terbaik, Ini 8 Destinasi Wisata Unggulan di Jember yang Wajib Anda Kunjungi!

Foto/Dok HAM

Selain tembakau, Jember juga dikenal sebagai daerah penghasil utama edamame. Kacang kedelai hijau ini lazim kita temui di restoran Jepang dan makanan Asia Timur. Komoditi edamame dari salah satu daerah Tapal Kuda ini telah diekspor ke berbagai negara.

Produsen terbesar edamame adalah PT Mitratani Dua Tujuh (M27) yang sebagian sahamnya dimiliki PT ‎Perkebunan Nusantara (PTPN) X. Saat ini M27 memproduksi sekitar 10.000 ton edamame per tahun dan menguasai pasar ekspor di belasan negara.

Menurut Direktur M27 Arif Suharyadi, pihaknya juga memproduksi sayuran beku lain seperti mix vegetable, buncis, okra, terong jepang, sweet potato, pare berikut aneka olahannya yang siap saji, siap konsumsi.

“Jawa Timur dan Jakarta menjadi pasar utama kami di dalam negeri. Kami berharap pasar domestik semakin besar. M27 siap menyuplai permintaan dalam negeri,” ujarnya.

8. Alun Alun Jember
Punya Semua yang Terbaik, Ini 8 Destinasi Wisata Unggulan di Jember yang Wajib Anda Kunjungi!

Foto/Dok HAM

Taman Alun-Alun Jember menjadi titik pusat pertemuan dan aktivitas warga Jember. Tak pernah sepi acara siang maupun malam. Lokasinya tepat di seberang Pendapa Wahyawibawagraha yang menjadi lokasi bupati menerima tamu agung. Aneka jajanan dan suvenir ada di sana. Pedagangnya adalah kalangan UMKM binaan Pemkab Jember.

Event tahunan skala internasional, Jember Fashion Carnival (JFC) selalu digelar di kawasan ini. Saat ini, Pemkab Jember menggelar nonton bareng (nobar) laga Piala Dunia yang selalu dipenuhi warga. Ada layar super besar dipasang di bagian depan lapangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)