Krim Anti Penuaan Memicu Munculnya Jerawat Lebih Banyak

Kamis, 11 Februari 2016 - 04:25 WIB
Krim Anti Penuaan Memicu Munculnya Jerawat Lebih Banyak
Krim Anti Penuaan Memicu Munculnya Jerawat Lebih Banyak
A A A
LONDON - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan sejumlah orang. Umumnya, jerawat timbul saat masa remaja. Namun, tak jarang juga jerawat muncul saat dewasa.

Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 92 dematologis di Inggris, selama satu tahun ditemukan, bahwa jumlah penderita jerawat di usia dewasa meningkat hingga 200 persen.

Studi ini juga menemukan bahwa wanita lima kali lebih mudah mengalami jerawat di usia dewasa dibandingkan pria.

Umumnya, hal ini disebabkan oleh siklus menstruasi, hormon saat hamil yang naik turun dan perubahan metode kontrasepsi.

Dr Stephanie Williams, pendiri sekaligus direktur medis di European Dermatology London, mengungkapkan ada faktor lain yang membuat jerawat tetap muncul ketika dewasa.

"Memilih perawatan kulit yang salah juga menjadi pengaruh yang besar. Mereka yang berusia 30-an atau 40-an, mulai melihat adanya keriput. Kemudian, mereka mulai memilih perawatan anti penuaan," papar Dr Stephanie yang dilansir dari The Telegraph.

Sementara, menurut Dr. Williams, krim perawatan wajah anti pentuaan yang memiliki kelembapan tinggi juga memicu timbulnya jerawat lebih banyak. Terutama hal ini berlaku bagi wanita yang memiliki kulit sensitif.

Dermatologist Cranley Clinic, Dr Nick Lowe, menjelaskan bahwa aktivitas wanita yang super sibuk juga bisa memicu terjadinya jerawat.

"Ada banyak pemicunya, wanita dituntut tampil di tempat kerja atau di rumah, mereka tak ada keseimbangan," jelas Nick.

"Kulit mencerminkan apa yang terjadi di dalam dan aku memang bekerja dengan waktu yang panjang, berpesta, dan tak cukup tidur. Aku rasa itu adalah faktor kontributornya," kata penderita jerawat di usia dewasa, Vicky Eldridge.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6958 seconds (0.1#10.140)