Kunci Utama Kuliner Indonesia pada Bumbu dan Teknis Memasak

Jum'at, 20 November 2015 - 10:30 WIB
Kunci Utama Kuliner Indonesia pada Bumbu dan Teknis Memasak
Kunci Utama Kuliner Indonesia pada Bumbu dan Teknis Memasak
A A A
JAKARTA - Ragam kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa kuat hampir semuanya memiliki metode memasak dan terutama bumbu dasar yang sama.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai bumbu dasar dan teknik memasak dalam mengeksplorasi kuliner Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk kembali menghadirkan Jakarta Food Editor's Club (JFEC) Gathering.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Unilever terus mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat luas terhadap ragam kekayaan warisan kuliner melalui edukasi mendasar. Salah satunya adalah mengenal bumbu yang merupakan inti dari berbagai masakan Indonesia," jelas Maria Dewantini, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk saat ditemui di acara JFEC Gathering di Kuningan, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Dalam acara JFEC Gathering ini, hadir pula Chef Widhi Joestiarto yang menekankan bahwa kunci utama dari kuliner Indonesia yang beragam itu adalah tiga bumbu dasar, yakni bumbu merah, putih, dan kuning.

"Tiga bumbu dasar dapat dikembangkan menjadi beragam masakan Indonesia. Seperti masakan Padang umumnya menggunakan bumbu merah dan kuning, masakan Betawi dan Sunda menggunakan bumbu putih dan kuning, sementara masakan Jawa Tengah kerap menggunakan bumbu putih dan merah," ujar Chef Widhi.

Selain bumbu, karakteristik lain dari masakan Indonesia adalah teknik memasaknya yang cenderung lebih kompleks, jika dibandingkan denganasakan Asia lainnya.

"Salah satu teknik yang popular dalam masakan Indonesua adalah teknik memasak dengan api kecil dan sedang, atau ungkep. Teknik ini dapat membantu bumbu-bumbu untuk masuk dan meresap ke makanan. Proses ungkep setiap masakan berbeda-beda, seperti rendang yang membutuhkan waktu lima jam, sementara opor dan ayam goreng hanya membutuhkan waktu dua jam," jelas Chef Widhi.

Pakar kuliner pemenang kompetisi Iron Chef selama tujuh kali berturut-turut ini juga menambahkan bahwa pengolahan bumbu untuk teknik ungkep juga perlu diperhatikan. Bumbu perlu digiling halus agar mudah meresap.

Sedangkan, jika membuat bumbu untuk disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya bumbu ditumis dengan minyak terlebih dahulu agar dapat bertahan selama lebih dari 12 bulan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6963 seconds (0.1#10.140)