7 Makanan Sehat yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Tetap Batasi Konsumsinya

Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:10 WIB


4. Daging Tanpa Lemak



Foto/Getty Images

Dibandingkan dengan udang, daging giling dengan 110 miligram kolesterol, akan menjadi pilihan yang lebih baik. Tetapi ketika Anda mempertimbangkan 20 gram lemak, termasuk 10 gram lemak jenuh yang lumayan dalam daging sapi, daging merah jauh lebih sedikit.

Jauhi steak berlemak, daging panggang, dan daging giling biasa. Sebagai gantinya, pilih 90 persen daging giling tanpa lemak dan potongan yang lebih ramping. Seperti fillet, steak panggul, sirloin, tenderloin. Lebih baik lagi ayam panggang tanpa kulit atau daging unggas tanpa lemak.

5. Yoghurt



Foto/Getty Images

Yoghurt penuh lemak adalah makanan kaya kolesterol yang dikemas dengan nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium. Satu cangkir (245 gram) yoghurt penuh lemak mengandung 31,8 mg kolesterol.

Penelitian mengaitkan peningkatan asupan produk susu fermentasi penuh lemak dengan penurunan kolesterol jahat dan tekanan darah, serta risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih rendah.

6. Keju



Foto/Medical News Today

Sepotong tunggal (22 gram) keju Swiss menyediakan sekitar 20 mg kolesterol. Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju penuh lemak tidak meningkatkan kadar kolesterol.

Satu studi pada 162 orang menemukan bahwa makan 3 ons (80 gram) keju penuh lemak per hari tidak meningkatkan kolesterol jahat bila dibandingkan dengan jumlah rendah lemak yang sama. Karena keju tinggi kalori, tetap makan porsi yang direkomendasikan yaitu 1-2 ons (28-56 gram) sekaligus untuk menjaga porsi tetap terkendali.



7. Daging yang Diberi Makan Rumput



Foto/Getty Images

Daging yang diberi makan rumput mengandung protein, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin B12, seng, selenium, dan zat besi. Daging ini lebih rendah kolesterol daripada daging sapi penggemukan dan mengandung lebih banyak asam lemak omega-3, yang memiliki sifat anti-inflamasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More