Mengenal Mild Stimulation, Metode Baru Program Kehamilan dengan Risiko Rendah

Jum'at, 17 November 2023 - 16:06 WIB
"Kadar AMH menggambarkan jumlah cadangan telur yang berada di indung telur setiap wanita. Sejak lahir setiap wanita memiliki cadangan telur sebanyak 2 juta. Saat

memasuki pubertas, angka ini menurun menjadi 300.000 dan tersisa sangat sedikit saat memasuki fase menopause. Untuk menilai cadangan telur maka selain menggunakan tes AMH, penting juga untuk dilakukan pemeriksaan Antral Follicle Count dengan menggunakan USG transvaginal,” jelas dr. Muhammad Fadli.

“Namun kadar AMH dapat menurun lebih drastis, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti merokok, paparan radiasi, penyakit kista endometriosis, dan infeksi lain,” tambahnya.

Menurut dr. Muhammad Fadli, kadar AMH hanya menunjukkan kuantitas telur, bukan kualitas. Penanganan dengan Minimal Stimulation memiliki prinsip yang sama yaitu melakukan petik telur dengan jumlah yang lebih sedikit dari Konvensional Stimulation, namun memiliki peluang dan kesuksesan bayi tabung yang sama.

"Dengan metode Minimal Stimulation, penggunaan obat lebih sedikit dibandingkan IVF Konvensional. Selain itu rasa nyeri dari suntikan akan lebih berkurang serta biaya lebih ekonomis,” katanya.

Dalam penanganan terkait kasus AMH tinggi (sindrom ovarium polikistik atau PCOS), Spesialis Obgyn Kato Ojin Fertility Center dr. Eko Santoso, Sp.OG menjabarkan, ketika seorang penderita PCOS yang memiliki AMH tinggi berkeinginan memulai program hamil bayi tabung, maka dalam penanganannya perlu meminimalisir kejadian Ovarian Hyperstimulation Syndrome (OHSS), karena penderita PCOS akan mempunyai resiko OHSS yang sangat meningkat.

"Efek samping OHSS paling ditakuti karena merupakan bentuk komplikasi serius IVF yang dapat terjadi ketika ovarium menghasilkan terlalu banyak folikel/sel telur. OHSS dapat mengakibatkan morbiditas atau bahkan kematian,” ungkap dr. Eko Santoso.

“Pedoman IVF khusus dari Kato Ojin Fertility Center bagi penderita PCOS adalah menggunakan protokol stimulasi minimal/mild-stimulation. Jenis protokol ini menggunakan dosis obat hormon/kesuburan yang lebih rendah untuk menstimulasi pertumbuhan sel telur, sehingga dapat membantu mengurangi risiko OHSS,” katanya lagi.

Strategi penting lain bagi penderita PCOS supaya hasil IVF dapat tercapai lebih baik adalah, penderita perlu mendapatkan persiapan khusus minimal 3 bulan berupa proses “cleaning up” disertai perubahan pola hidup seperti program diet sehat, olahraga teratur, penurunan berat badan, dan kelola stres.

Proses “cleaning up” sangat penting untuk membersihkan telur-telur kualitas rendah sebelum memulai stimulasi, karena kualitas telur terbaik yang mampu mencapai kehamilan dan kelahiran hidup yang tinggi,” jelas dr. Eko Santoso.

Counselor Kato Ojin Fertility Center dr. Iwan Budhiharto menambahkan, bagi pasangan yang lama belum memiliki momongan, biasanya keadaan ini sudah menjadi stressor tersendiri. Seperti rasa cemas adanya penyakit, stigma dari orang lain, pertanyaan orang tua atau mertua. Selain itu, kegagalan program IVF sebelumnya juga bisa memberikan dampak negatif dan pesimistis.

"Gaya hidup dan pola psikologi masing-masing pasangan dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dapat secara signifikan mempengaruhi keberhasilan program IVF,” terangnya.

“Pasangan yang datang ke Kato Ojin Fertility Center bukan hanya mengalami masalah kesehatan reproduksi, tetapi juga masalah psikologis, pola hidup suami istri, masalah keluarga, pekerjaan, dan masalah non medis lain. Kato memandang masalah infertilitas bukan sebatas masalah kesehatan reproduksi saja, tetapi masalah pasangan itu secara holistik," pungkas dr. Iwan Budhiharto.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More