5 Tips Mudik Sehat untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin

Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:00 WIB

2. Mengurangi Alkohol



Pastikan Anda mengurangi alkohol saat hendak mudik. Tak meminum alkohol dapat mengurangi risiko kambuhnya asam urat.

Ginjal menempatkan alkohol di atas asam urat dalam prioritas pemrosesannya, sehingga menyebabkan kadar asam urat lebih tinggi dalam aliran darah. Untuk itu, hindari konsumsi minuman beralkohol bagi penderita asam urat agar tetap nyaman selama perjalanan mudik.



3. Kurangi Makanan Manis



Tips selanjutnya mengurangi makanan manis. Glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dan sebaliknya, terutama pada pasien yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Membatasi makanan dan minuman manis, terutama yang dibuat dengan sirup jagung tinggi fruktosa, dapat membantu mencegah serangan asam urat.

4. Hindari Makanan Tinggi Purin



Purin adalah bahan kimia yang terdapat secara alami di semua bahan nabati dan protein hewani. Purin terurai menjadi asam urat di dalam tubuh dan terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya purin menjadi pemicu besar penderita asam urat.

Cobalah fokus pada diet rendah purin termasuk beragam sumber protein, biji-bijian, serta buah dan sayuran segar saat perjalanan mudik lebaran.

5. Mengurangi Stres



Stres dapat berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Untuk itu, penting untuk menenangkan pikiran dan tubuh saat menangani gejala asam urat dan mencegah kambuhnya asam urat saat mudik Lebaran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More