8 Cara Mencegah Kolesterol Kambuh saat Lebaran, Penting Batasi Konsumsi Rendang

Senin, 08 April 2024 - 13:30 WIB
Saat menikmati hidangan Lebaran, prioritaskan makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan gula tambahan. Pilih daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Hindari makanan yang digoreng dalam jumlah besar atau makanan tinggi lemak seperti santan dan kue-kue berlemak.

2. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol



Hindari makanan tinggi kolesterol seperti telur kuning, jeroan (hati, ginjal, otak), daging mereah, dan produk-produk olahan dari susu tinggi lemak.

3. Perhatikan Ukuran Porsi



Jaga agar ukuran porsi makanan Anda tetap terkendali. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

4. Pilih Metode Memasak yang Sehat



Hindari menggoreng makanan dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus, memanggang, atau mengukus. Ini membantu mengurangi asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.



5. Perbanyak Serat



Pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More