Temulawak Bisa Menurunkan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya

Rabu, 24 Juli 2024 - 23:30 WIB
“Ada sekitar 17 penelitian yang dilibatkan yang sebagian besar dari penelitian ini menunjukkan potensi curcumin dalam menurunkan LDL, trigliserida, serta menaikkan HDL,” jelasnya.

“Meski ada juga penelitian yang tidak terbukti. Namun curcumin yang terkandung pada temulawak menunjukkan potensi menjadikan sebagai agen penurun kolesterol alamiah. Tinggal diperbanyak aja penelitian yang konsisten,” sambungnya.



Cara Konsumsi Temulawak



Temulawak dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti minuman, jamu, dan suplemen. Rebus irisan temulawak dengan air, saring, dan minum airnya. Bisa ditambahkan madu atau gula jawa untuk rasa manis.

Anda juga bisa campurkan bubuk temulawak dengan bahan lain seperti jahe, kunyit, dan lada hitam, seduh dengan air panas dan minum. Temulawak juga tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet yang mudah dikonsumsi.

“Teman-teman bisa memanfaatkan konsumsi temulawak jika sempat. Kalau tidak sempat, sekarang sudah ada ekstrak kurkuminnya,” tandasnya.

Dosis dan Keamanan



Dosis umum temulawak untuk menurunkan kolesterol adalah 500-1000 mg per hari. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi temulawak, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More