5 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua sebelum Titipkan Anak ke Daycare

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 03:30 WIB

2. Persiapkan Anak untuk Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Anak-anak juga harus beradaptasi agar dapat menerima dan diterima di lingkungan barunya. Berdasarkan pengalaman, beberapa anak yang baru dititipkan biasanya akan tantrum dalam beberapa hari ke depan untuk adaptasi.

Untuk anak batita yang sudah memahami cerita, maka orang tua bisa mempersiapkan dengan bercerita hal menarik, mewarnai sambil memberikan pemahaman tentang daycare yang akan menjadi tempat belajar anak.

Orang tua juga bisa mengajak anak mengunjungi dan survey tempat ‘sementara’ agar anak bisa bermain dan beristirahat sebelum memutuskan untuk memilih tempat itu.

Jelaskan kepada anak jadwal yang ada di daycare. Kapan boleh bermain, kapan boleh tidur, dan juga makan camilannya. Kenyamanan anak menjadi kunci penting dalam hal ini.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Anak

Kebutuhan anak ketika akan dititipkan menjadi hal yang harus dipersiapkan dengan baik agar tidak mengganggu orang tua dengan aktivitasnya.

Kebutuhan anak secara fisik antara lain pakaian ganti, diapers bagi bayi dan batita, alat mandi, handuk dan juga obat-obatan seperti minyak telon dll yang dibutuhkan anak anak.



4. Kesiapan Orang Tua

Orang tua juga perlu mempersiapkan diri dengan jadwal baru antar jemput anak ke daycare. Mereka harus menyiapkan diri mendapati hal baru tentang perkembangan anak yang mungkin saja tidak terpantau ketika mengasuh selama ini.

Belajar pamitan sebelum pergi ke mana pun, sehingga anak tidak takut untuk ditinggal. Karena masalah klasik yang selalu muncul ketika anak anak menangis adalah karena ‘rindu’ pada orang tuanya.

Membaca kembali syarat dan ketentuan pada daycare yang dipilih. Apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan orang tua. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More