10 Tradisi 17 Agustusan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2024 - 07:00 WIB

9. Sepakbola Durian, Kebumen

Bulan Agustus memang identik dengan berbagai macam perlombaan unik di masyarakat. Mulai dari lomba makan kerupuk hingga lomba yang cukup ekstrem seperti yang diadakan oleh masyarakat Kebumen, Jawa Tengah.

Masyarakat rutin mengadakan lomba sepakbola, namun uniknya, mereka mengganti bola dengan durian. Karena cukup ekstrem, perlombaan ini biasanya hanya diikuti oleh orang tertentu, misalnya anggota laskar Densus 99 dan anggota forum spiritual.

Sebelum perlombaan pun akan diadakan doa bersama untuk keselamatan para peserta.

10. Peresean, Lombok

Setiap tahun, dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI, Lombok menggelar lomba Peresean yang menghadirkan pepadu-pepadu (jagoan) terkenal untuk adu ketangkasan. Peresean sendiri merupakan kesenian tradisional masyarakat suku Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tradisi ini mempertemukan pepadu dari berbagai pelosok Lombok untuk beradu ketangkasan dan saling serang dengan bersenjatakan rotan dan perisai yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau.

Meskipun termasuk dalam kesenian tradisional yang ekstrem, Peresean memiliki pesan moral yang bukan sekadar adu ketangkasan semata. Acara ini mengandung makna persaudaraan dan sikap ksatria seorang laki-laki yang diuji melalui permainan ini.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More