Geliat Bisnis Laundromat, ALS Bidik Pasar Lebih Besar di Indonesia

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:50 WIB
Sukree Kirai, Sales Director ALS untuk kawasan Asia Pasifik, mengatakan, perusahaannya menaruh investasi yang sangat besar untuk bisnis laundromat. Mereka memproduksi mesin-mesin cuci berkualitas, yang memiliki durabilitas atau ketahanan hingga 25 tahun.

"Fokus kami memang di laundry maccine. Karena fokus di situ, semua investasi kami untuk laundromat. Makanya kami menjadi yang terbaik di dunia," kata Sukree, yang juga dijumpai dalam pameran Expo Clean & Expo Laundry 2024.

“ALS fokus untuk menciptakan peluang kewirausahaan pada masyarakat Indonesia dengan mengatasi pergeseran budaya dari metode laundry tradisional ke laundry swalayan yang dioperasikan dengan koin. Kami memiliki tujuan untuk menjadi lebih dari sekedar pemasok. Kami adalah mitra dalam membantu pelanggan membangun kekayaan melalui pasar yang terus berkembang ini," lanjutnya.



ALS memiliki lima merek mesin cuci yakni Speed Queen, Primus, Huebsch, IPSO, dan UniMac, yang semuanya ditargetkan untuk menyasar market komersil seperti rumah sakit, hotel, dan tentu saja laundromat.

Perusahaan yang sudah berdiri selama 116 tahun ini bahkan memiliki laboratorium riset dan pengembangan tersendiri, yang bekerja terus-menerus untuk menghasilkan mesin-mesin cuci inovatif dengan spek industrial. Tak tanggung-tanggung, mereka menginvestasikan dana sebesar USD300 juta atau sekitar Rp4,6 triliun untuk bidang research and development (R&D).

"Inovasi kami lebih dari sekadar teknologi produk, tapi juga tentang mentransformasikan cara berbisnis. Dengan mengintegrasikan teknologi digital, kami mempermudah mitra untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menyederhanakan operasi mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk berkembang di pasar yang berubah dengan cepat," papar Sukree.

Sejauh ini, ALS sudah memiliki empat pabrik di empat negara yaitu Amerika Serikat, Republik Ceko, China, dan Thailand. Untuk pasar Indonesia, mesin diproduksi di Thailand, di mana ALS meraih market share sebesar 70 persen di sektor laundromat.

"Sebanyak 3.500 oulet di Thailand sudah memakai produk dari ALS, yang mana untuk satu outlet mereka memiliki 10-12 mesin," ungkap Sukree.

Sukree Kirai berharap, dengan populasi Indonesia yang sangat besar, pasar ALS bisa semakin berkembang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More