Studi: Duduk Terlama Lama Bahayakan Kesehatan, Cegah dengan Jalan Kaki 5 Menit

Senin, 23 Januari 2023 - 21:31 WIB
loading...
A A A
Para responden yang duduk di kursi ergonomis selama 8 jam, mereka bangun hanya untuk periode latihan berjalan di treadmill atau saat pergi ke kamar mandi.

Peneliti mengatakan, mereka memastikan setiap peserta tidak berolahraga berlebihan atau kurang berolahraga. Kemudian, mereka pun secara berkala mengukur tekanan darah dan gula darah yang merupakan subjek penelitian.

Peserta diizinkan untuk bekerja dengan laptop, membaca, dan menggunakan ponsel mereka selama sesi dan diberi makanan standar.

Dari pengujian tersebut, peneliti melaporkan bahwa berjalan kaki selama 5 menit setiap 30 menit memberikan hasil terbaik. Itu merupakan satu-satunya jumlah yang secara signifikan menurunkan gula darah dan tekanan darah.

Pengujian tersebut mempengaruhi bagaimana peserta merespons makanan besar dan mengurangi lonjakan gula darah hingga 58 persen dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

Sementara itu, jalan kaki setiap 30 menit selama 1 menit juga memberikan manfaat sederhana untuk kadar gula darah sepanjang hari. Sedangkan berjalan selama 1 menit atau 5 menit setelah 60 menit duduk, tidak memberikan manfaat.

Semua jumlah berjalan secara signifikan mengurangi tekanan darah sebesar 4 sampai 5 mmHg, dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

"Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang kamu harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan," ucap Diaz.

Semua pengujian berjalan kecuali berjalan 1 menit setelah duduk selama 1 jam, secara signifikan mengurangi kelelahan peserta, dan menunjukan peningkatan suasana hati.

Para ahli juga mengatakan, sejumlah perubahan kecil aktivitas seperti berjalan selama beberapa menit saat hari kerja, bisa berdampak positif bagi kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)