5 Manfaat Bengkuang, Salah Satunya Cocok untuk Diet

Minggu, 29 Januari 2023 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Bengkoang mengandung sejumlah besar serat makanan larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati menghasilkan lebih banyak kolesterol.

3. Bagus untuk Pencernaan

Serat makanan membantu bergerak lebih lancar melalui saluran pencernaan Anda. 130 gram bengkuang mengandung 6,4 gram serat, yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan harian Anda.

Selain itu, bengkuang mengandung sejenis serat yang disebut inulin. Studi menunjukkan bahwa inulin dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% pada mereka yang mengalami sembelit.

Jicama juga tinggi air, yang dapat membantu meringankan sembelit. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti bengkuang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian.

4. Baik untuk Bakteri Usus

Bengkuang tinggi inulin, yang merupakan serat prebiotik. Prebiotik adalah zat yang dapat digunakan oleh bakteri di dalam tubuh Anda, sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Meskipun sistem pencernaan tidak dapat mencerna atau menyerap prebiotik seperti inulin, bakteri di usus dapat memfermentasinya.

Pola makan tinggi prebiotik meningkatkan populasi bakteri "baik" di usus Anda dan menurunkan jumlah bakteri tidak sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa jenis bakteri di usus Anda dapat mempengaruhi berat badan, sistem kekebalan, dan bahkan suasana hati.

5. Kurangi Risiko Kanker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)