6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Rabu, 10 Mei 2023 - 12:34 WIB
loading...
A A A
Tradisi unik dan agak ngeri ini dilakukan sebagai ungkapan rasa sakit dan sedih. Setelah memotong jari, mereka akan mandi di lumpur lalu mengelilingi jenazah yang dibakar dalam keadaan menangis.

4. Upacara Pemakaman Marapu (Sumba NTB)

6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Foto/Tripsumba.com

Dalam keyaninan suku Sumba, upacara pemakaman Marapu dilakukan secara besar-besaran. Dalam upacara ini keluarga akan menyembelih banyak hewan ternak untuk jamuan tamu.

Bagi masyarakat yang tidak menyelenggarakan upacara pemakaman Marapu diyakini akan terkena sial. Dalam tradisi pemakaman, jenazah dimasukkan dalam sebuah kubur baru agar segera bersatu dengan leluhurnya di surga.



5. Mumifikasi (Suku Asmat Papua)

6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Foto/wowkeren.com

Dalam tradisi Suku Asmat orang yang memiliki kedudukan tinggi seperti kepala suku atau panglima perang akan dimakamkan menjadi sebentuk mumi. Tubuh mereka akan diolesi oleh zat tertentu lalu diletakkan di atas perapian sehingga terkena asap secara perlahan-lahan.

Setelah beberapa tahun, mayat yang diposisikan duduk ini akan berwarna hitam dan disimpan di rumah pria untuk kelak dikeluarkan jika ada tamu yang datang.

6. Tiwah (Suku Dayak Kalimantan Tengah)

6 Upacara Pemakaman Unik di Indonesia, Kental Aura Mistis

Foto/Wikipedia

Tiwah adalah salah satu ritual pemakaman paling unik di kawasan Kalimantan Tengah dan dilakukan oleh suku Dayak. Upacara pemakaman tiwah dilakukan setelah jenazah dikubur selama beberapa tahun sehingga tinggal tulangnya saja.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3020 seconds (0.1#10.140)
pixels