Viral Pro Kontra Nasi dan Mi Instan Jadi Bekal Sekolah Anak, Kenali Kandungan Gizi Sekaligus Bahayanya!

Jum'at, 02 Juni 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A


Beberapa netizen juga memberikan pendapat senada dengan wanita tersebut terkait kebiasaan dan bahaya mengonsumsi nasi serta mie instan yang kerap dilakukan orang Indonesia.

“Biasanya krn anaknya yg request atau orgtuanya ga punya waktu banyak prepare itu. Soalnya emg kuperhatiin temen SDku rata2 bekel itu krn punya orgtua yg keduanya kerja. Semoga semakin berkembang zaman, kesadaran orgtua akan pentingnya sarapan & gizi seimbang terus meningkat,” tulis @xuo****.

“Banyak yang butthurt, padahal mbaknya bener. Gizi baik gak sama dengan harga mahal. Bener kata dr tan, indonesia masih tertinggal urusan beginian,” ujar @ik*****.

“Bukan perkara murah atau gimana sih ini karbo ketemu karbo astaga, harusnya kan ditambah tempe goreng apa telur ceplok yang digoreng di wajan (bukan teflon) sampai pinggirannya berkerak enak gitu,” beber akun @pa******.
Viral Pro Kontra Nasi dan Mi Instan Jadi Bekal Sekolah Anak, Kenali Kandungan Gizi Sekaligus Bahayanya!

Foto/Twitter @littlevixen__

Bahaya Konsumsi Nasi dengan Mi Instan

Terlepas dari pro kontranya, mengonsumsi mi instan dicampur nasi bukan hal yang aneh bagi sebagian orang Indonesia. Banyak orang memiliki kebiasaan tersebut karena hanya mengonsumsi mi instan saja tidak terlalu mengenyangkan.



Kebanyakan orang pun menganggap mi instan sebagai lauk dan bukan sumber karbohidrat seperti halnya nasi. Padahal, banyak risiko kesehatan yang mengintai di balik kebiasaan tersebut.

Perlu diketahui, kebanyakan mi instan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan sodium yang tinggi. Sebaliknya, mi instan diketahui lebih rendah kalori, serat, dan protein.

Nasi putih juga diketahui kaya karbohidrat. Jadi, jika Anda sering mengonsumsi kombinasi kedua makanan tersebut, ada banyak risiko kesehatan yang bisa terjadi.

Makan mi instan dicampur nasi bisa membuat Anda merasa cepat kenyang, sehingga tidak ingin makan apa-apa lagi. Pasalnya, keduanya sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi. Akibatnya, kebutuhan tubuh akan nutrisi lain menjadi tidak terpenuhi.

Padahal tubuh tidak hanya butuh karbohidrat, tapi juga nutrisi lain seperti protein, lemak, dan mineral. Kekurangan nutrisi tersebut bisa membuat Anda mengalami malnutrisi.

Dampak buruk lain yang bisa terjadi akibat kebiasaan makan nasi dicampur mi instan secara berlebihan adalah meningkatnya risiko obesitas. Hal itu terjadi karena karbohidrat dalam jumlah tinggi yang masuk ke tubuh akan dipecah menjadi lemak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)