5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula dan Efek Sampingnya

Selasa, 24 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A

3. Antidepresan


Efek antidepresan kopi berasal dari kemampuannya meningkatkan jumlah serotonin dan dopamin di otak, sehingga menangkal gejala depresi seperti kesedihan, duka dan kesepian. Selain itu, kopi mengandung asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic.

Asam ini membantu mengurangi peradangan sel saraf yang terjadi di otak penderita depresi dan menenangkan ketidaknyamanan dan tekanan yang terkait.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Asupan kopi hitam secara teratur pada awalnya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, namun efek ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Penelitian menunjukkan bahwa minum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

5. Mencegah Risiko Terkena Kanker


Kopi sangat baik untuk mengurangi peradangan di tubuh, yang membantu mencegah perkembangan tumor. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko terkena jenis kanker tertentu seperti kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker dubur.



Efek Samping Minum Kopi Hitam


1. Kecemasan dan Stres


Terlalu banyak kopi hitam melepaskan hormon stres tingkat tinggi dalam tubuh, yang hanya menyebabkan kecemasan dan stres. Sangat mudah untuk merasa gelisah ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein.

2. Mengganggu Tidur


Asupan kopi yang berlebihan dapat mengganggu rutinitas tidur Anda. Disarankan agar menghindari kopi beberapa jam sebelum tidur jika ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

3. Asam Lambung


Kopi hitam kaya akan kafein dan asam, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan keasaman pada perut Anda. Anda juga berisko mengalami kram dan kejang perut.

4. Sulit Menyerap Mineral


Terlalu banyak kopi dalam tubuh membuat tubuh Anda sulit menyerap mineral dari makanan harian. Seperti zat besi, kalsium, dan seng.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)