8 Bahan Alami yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, dari Kemangi hingga Jahe

Sabtu, 18 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3. Biji seledri

Biji seledri (Apium Graveolens ) merupakan bumbu serbaguna yang kaya akan berbagai nutrisi, seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, dan serat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, biji seledri merupakan sumber serat makanan yang baik , yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Meski begitu, hanya ada sedikit penelitian tentang biji seledri dan tekanan darah. Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian pada manusia di bidang ini.

4. Cakar kucing Cina

Masyarakat telah lama menggunakan cakar kucing Cina dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi.

Nama ilmiahnya adalah Uncaria rhynchophylla, disebut juga Gou-Teng atau Chotoko. Namun, jangan bingung dengan cakar kucing (Uncaria tomentosa). Meski memiliki nama dan penampakan yang mirip, namun tumbuhan ini memiliki asal usul dan sifat kimia yang berbeda.

Cakar kucing cina mengandung beberapa senyawa, seperti hirsutin dan rhynchophylline. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ini dapat mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Selain itu, senyawa ini dapat merangsang pembuluh darah untuk memproduksi oksida nitrat, yaitu senyawa kimia yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar.

Penelitian pada hewan mendukung efek ini, menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak cakar kucing Cina atau senyawanya mengurangi tekanan darah dan membantu aliran darah. Namun, penelitian pada manusia masih terbatas di bidang ini.

5. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan banyak senyawa yang mungkin bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah tinjauan terhadap 12 penelitian pada lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing rata-rata 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

6. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus Cinnamomum.

Orang telah menggunakannya selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional untuk mengobati kondisi jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Meskipun belum sepenuhnya dipahami bagaimana kayu manis menurunkan tekanan darah, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4003 seconds (0.1#10.140)