10 Fakta Tentang Anemia

Jum'at, 09 Februari 2018 - 07:16 WIB
10 Fakta Tentang Anemia
10 Fakta Tentang Anemia
A A A
JAKARTA - Anemia terjadi saat tubuh kekurangan zat besi. Artinya, ada tingkat penurunan kadar hemoglobin di dalam sel darah merah.

Kekurangan zat besi adalah jenis anemia yang paling umum dan ada beberapa jenis anaemias. Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin dan bila tidak ada cukup zat besi dalam darah, tubuh tidak bisa mendapatkan cukup banyak oksigen yang dibutuhkannya.

Hemoglobin adalah protein yang ada dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke jaringan. Bila ada kekurangan zat besi, Anda mungkin memperhatikan beberapa gejala seperti kelemahan, kulit pucat, pusing, detak jantung cepat, kuku rapuh, sakit kepala, masalah pernapasan, antara lain.

Penyebab paling umum kekurangan zat besi adalah anemia dan ada sekitar 50 persen orang yang menderita anemia.
Berikut 10 hal yang tidak Anda ketahui tentang anemia, seperti dilansir Boldsky, apa saja?

1. Makanan
Kekurangan makanan kaya zat besi dapat menyebabkan anemia. Sementara, makan makanan kaya zat besi, seperti bayam, kacang lentil, kacang-kacangan dan berbagai jenis daging.

Kurangnya makanan ini meningkatkan risiko anemia dan ada orang lain yang kesulitan menyerap zat besi dari makanannya ke dalam darah mereka.
10 Fakta Tentang Anemia

2. Kehilangan Darah
Kehilangan darah bisa menyebabkan anemia. Beberapa orang yang telah menjalani operasi atau melahirkan anak mungkin mengalami volume darah lebih rendah dan mungkin memiliki lebih sedikit sel darah merah karena kehilangan darah. Bisul yang menyebabkan pendarahan internal juga bisa berperan dalam menyebabkan defisiensi zat besi.

3. Anak Muda dan Wanita Berisiko Anemia
Anak muda, wanita, anak-anak, termasuk bayi memiliki risiko anemia yang lebih tinggi. Wanita, selama periode menstruasi mereka mengalami pendarahan berat yang membuat mereka berisiko tinggi. Orang dewasa yang lebih tua menderita penyakit gastrointestinal dan bisul lebih cenderung mengalami anemia.
10 Fakta Tentang Anemia

4. Kehamilan
Saat ibu melahirkan, volume darah tubuh menurun. Itu berarti tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi.
10 Fakta Tentang Anemia

5. Kelelahan
Kelelahan menjadi salah satu gejala anemia. Jika Anda merasa terkuras habis dan lesu sepanjang waktu, maka Anda mungkin menderita anemia. Gejala lainnya bisa berupa pusing dan detak jantung yang cepat.
10 Fakta Tentang Anemia

6. Tes Darah
Jika hemoglobin Anda rendah, Anda akan mendapatkan diagnosis anemia dari dokter sebelum memulai perawatan.
10 Fakta Tentang Anemia

7. Suplemen
Suplemen akan membantu membangun tingkat zat besi. Tapi, sebelum mengambil suplemen zat besi, berkonsultasilah dengan dokter karena beberapa suplemen zat besi dapat mengganggu obat lain yang mungkin Anda minum.
10 Fakta Tentang Anemia

8. Vitamin C

Itu karena vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran. Nikmati segelas jus jeruk setiap hari untuk meningkatkan asupan zat besi Anda.
10 Fakta Tentang Anemia

9. Hindari Produk Susu Berlebih

Mengkonsumsi makanan kaya kalsium dengan makanan kaya zat besi akan mempengaruhi seberapa banyak zat besi yang diserap. Jadi, makan makanan kaya kalsium pada waktu yang berbeda.
10 Fakta Tentang Anemia

10. Gluten

Mengonsumsi makanan berbasis gluten seperti gandum, jelai dan gandum hitam bisa menghancurkan dinding usus, mencegah nutrisi seperti zat besi dan folat agar tidak diserap dengan baik.
10 Fakta Tentang Anemia
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3989 seconds (0.1#10.140)