Pentingnya Jaga Kesehatan Usus, Minum Teh Herbal Salah Satu Solusinya

Rabu, 13 Maret 2024 - 07:58 WIB
loading...
Pentingnya Jaga Kesehatan Usus, Minum Teh Herbal Salah Satu Solusinya
Fungsi usus yang optimal menjadi kunci dalam penyerapan nutrisi dan pengeluaran sisa metabolisme.
A A A
JAKARTA - Usus adalah bagian tubuh yang berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan sisa-sisa metabolisme, sehingga penting untuk menjaga kesehatan usus. Fungsi usus yang optimal menjadi kunci dalam penyerapan nutrisi dan pengeluaran sisa metabolisme.

Menjaga kesehatan usus bukan hanya tentang menghindari makanan yang tidak sehat, tetapi juga melibatkan kebiasaan sehari-hari yang mendukung fungsi optimal usus.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari kita dapat mengganggu fungsi usus.
Beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu fungsi usus termasuk pola makan tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, kurangnya asupan serat, kurangnya aktivitas fisik, dan stres kronis, kurangnya asupan air, dan gaya hidup kurang aktif.

Diet rendah serat dapat menyebabkan sembelit, sementara kekurangan cairan dapat mengakibatkan dehidrasi dan memperlambat proses pencernaan. Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga dapat merugikan kesehatan usus.

Jika fungsi usus terganggu, dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk sindrom iritasi usus, diverticulitis, polip usus, dan bahkan risiko kanker usus. Oleh karena itu, menjaga pola makan seimbang, meningkatkan konsumsi serat, cukup minum air, berhenti merokok, dan menjalani gaya hidup aktif menjadi langkah penting dalam merawat kesehatan usus dan mencegah potensi penyakit usus yang serius.

Detoks sistem pencernaan terutama usus sangat diperlukan karena menurut Hipocrates sebagian besar penyakit berasal dari usus.

Melakukan detoks untuk menjaga fungsi usus dapat dilakukan dengan mengkonsumsi herbal seperti teh herbal Detogreen dari PT Farmasindo Daniswara Medika yang berfungsi untuk detoks sistem pencernaan.

Mengandung bahan-bahan seperti Senna alexandrina, Camellia sinensis, Moringa oleifera, dan Zingiber officinale, Detogreen telah menjadi produk teh detox terlaris nomor 1 dengan izin dari BPOM.

Menurut Dr. John Staughton, seorang ahli kesehatan terkemuka, "Senna mengandung senosida, senyawa aktif yang bekerja dengan merangsang kontraksi otot-otot usus, sehingga membantu melancarkan buang air besar."

Teh ini bekerja melarutkan dan membersihkan plak kotoran dalam sistem pencernaan, terutama di usus, mencegah masuknya racun ke dalam darah, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan memperkuat antibodi sehingga tidak mudah terserang penyakit degeneratif.

Detogreen dapat dikonsumsi oleh usia 12 tahun ke atas, namun konsultasi lebih lanjut diperlukan untuk ibu hamil, menyusui, penderita penyakit jantung, iritasi usus besar, dan penyakit ginjal.

Cara konsumsinya yaitu dengan mencelupkan 1 kantong teh Detogreen ke 250 ml air panas, tunggu sekitar 3-5 menit, dan minum saat hangat.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)