Ulang Tahun, Komunitas Harmonika Nusantara Hadirkan Konser Friday Blues One

Senin, 11 Maret 2024 - 20:08 WIB
loading...
Ulang Tahun, Komunitas Harmonika Nusantara Hadirkan Konser Friday Blues One
Konser Friday Blues One (Foto: Doc. Istimewa)
A A A
JAKARTA - One Produksi Film Negara (PFN) bersama dengan komunitas HarmoniKa Nusantara (HN) menggelar konser bertajuk Friday Blues One di Blackbox PFN Heritage, Cawang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Konser ini bukan hanya sebagai wadah bagi para penggemar musik blues untuk menikmati sajian musik yang berkualitas. Tetapi juga sebagai perayaan ulang tahun pertama komunitas HarmoniKa Nusantara yang jatuh pada 7 Maret 2024 lalu.

Ketua HarmoniKa Nusantara, Sarah Saputri menyatakan bahwa komunitas ini telah secara konsisten menyelenggarakan beberapa program utama secara gratis, seperti mentoring dan workshop setiap bulan.

“Kami ingin memfasilitasi para pecinta harmonika agar dapat bermain dengan baik, bahkan sebagaimana para pemain luar negeri. Kami juga memiliki asosiasi yang berbadan hukum untuk mendukung aktivitas kami," ujar Sarah Saputri di Blackbox PFN Heritage, Cawang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Sarah menambahkan bahwa antusiasme masyarakat untuk bergabung semakin tinggi, terutama karena adanya kegiatan edukatif seperti seminar dan workshop yang menghadirkan pembicara dan pemain harmonika kelas dunia secara gratis.

"Dalam setahun terakhir, kami telah mendatangkan pembicara dan pemain harmonika dari luar negeri by zoom, dan banyak mendapat workshop. Kalo bayar ke sana, setiap mentor itu beda-beda, di kami itu gratis," ujarnya.

Dengan jaringan silaturahmi yang kuat, HarmoniKa Nusantara terus menunjukkan bahwa pemain harmonika Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dengan pemain dari negara lain.

"Karena kita punya jaringan silaturahmi yang baik dengan asosiasi di luar juga. Saya ingin menunjukkan bahwa pemain harmonika di Indonesia itu berkualitas dan keren-keren kok enggak kalah sama yang lain,"tutur Sarah.

Lebih lanjut Sarah Saputri mengatakan, keberadaan Harmonika Nusantara, secara organisisasi legal untuk bergerak edukasi baik para musisi harmonika dan siapa pun yang tertarik belajar musik harmonika di berbagai daerah di Indonesia.

Dia mengungkap bahwa Asosiasi Harmonika Nusantara, selain melaksanakan worshop harmonika, juga membawakan lagu daerah Nusantara. Setiap bulan mengadakan program interaksi antaranggota melalui media sosialisasi untuk membahas tentang musik harmonika. Harmonika Nusantara bisa menjadi fasilitasi siapa pun yang ingin belajar dan mengenal lebih dalam musik harmonika.

“Anggota Harmonika Nusantara sebanyak 200 orang lintas usia dan profesi dari berbagai daerah. Sementara anggota terbanyak musisi harmonika di Bandung," kata Sarah Saputri.

Sementara itu,dalam gelaran konser yang diselenggarakan bersama HarmoniKa Nusantara (HN), penonton disuguhkan oleh penampilan sejumlah musisi blues dan harmonika terkemuka, antara lain Topan Tornado, Anov Blues One, Mr Bee, Java Blues One, Sarah Saputri, Ben Hewlett, dan Rega Dauna.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)