Kasus Demam Berdarah Melonjak, Singapura Butuh Vaksin?

Senin, 01 April 2024 - 12:28 WIB
loading...
A A A
Vaksin kedua, Qdenga, telah disetujui untuk digunakan di Uni Eropa dan negara lain termasuk Inggris, Thailand dan Indonesia.

Dalam uji klinis dan tindak lanjut jangka panjang, vaksin ini berkhasiat dalam melindungi terhadap infeksi DENV-1 dan DENV-2, bahkan pada mereka yang belum pernah menderita demam berdarah. Namun obat ini hanya mampu melindungi terhadap DENV-3 pada individu yang pernah terinfeksi demam berdarah sebelumnya, namun tidak pada mereka yang belum pernah menderita demam berdarah.

Masih belum diketahui, apakah vaksin ini memberikan perlindungan terhadap DENV-4 pada individu yang belum pernah menderita demam berdarah karena jumlah kasus selama uji klinis terlalu sedikit untuk dapat memberikan kesimpulan yang pasti.

Perbedaan penting antara Qdenga dan Dengvaxia adalah bahwa penerima Qdenga yang belum pernah menderita demam berdarah tidak menunjukkan bukti peningkatan risiko demam berdarah parah. Oleh karena itu, Qdenga telah dilisensikan untuk digunakan bahkan pada individu yang belum pernah menderita demam berdarah.

Vaksin demam berdarah ketiga, TV003, baru-baru ini menyelesaikan uji klinis di Brasil dengan kemanjuran yang menjanjikan. Percobaan telah menunjukkan bahwa obat ini menghasilkan respon imun yang baik terhadap keempat virus dengue, dan mampu melindungi terhadap DENV-1 dan DENV-2, bahkan pada individu yang belum pernah menderita demam berdarah; temuan dari tindak lanjut jangka panjang ditunggu. Uji klinis tambahan kemungkinan juga diperlukan untuk menentukan kemanjurannya terhadap DENV-3 dan DENV-4.

Perbedaan utama lainnya adalah Qdenga dan TV003 mampu menghasilkan sel T “pembunuh” terhadap keempat virus dengue, sedangkan Dengvaxia tidak. Sel T pembunuh merupakan bagian integral dari respon imun untuk membersihkan tubuh dari sel yang terinfeksi virus, sehingga mencegah penyakit parah.

Artinya, individu yang belum pernah menderita demam berdarah dan menerima Qdenga atau TV003 akan terlindungi dari penyakit parah, bahkan dalam kasus infeksi lanjutan. Yang terpenting, mereka tidak akan mengalami peningkatan risiko penyakit parah.

Pada awal Oktober, Kelompok Penasihat Strategis Pakar Imunisasi Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan Qdenga untuk digunakan, termasuk pada individu yang belum pernah menderita demam berdarah.

Mereka juga merekomendasikan agar vaksin ini digunakan di negara-negara dimana demam berdarah sangat endemik, karena manfaat vaksinasi di negara-negara tersebut kemungkinan besar paling tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)