Ini Alasan Pentingnya Memilih Rumah Sakit yang Bersistem Rekam Medis Elektronik

Selasa, 16 April 2024 - 17:25 WIB
loading...
Ini Alasan Pentingnya Memilih Rumah Sakit yang Bersistem Rekam Medis Elektronik
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Di era digital ini, pemanfaatan teknologi dalam berbagai bidang terus berkembang, termasuk dalam dunia kesehatan. Salah satu kemajuan teknologi yang membawa dampak signifikan adalah penerapan Sistem Rekam Medis Elektronik (RME).

RME merupakan sistem penyimpanan data rekam medis pasien secara digital, menggantikan sistem tradisional yang menggunakan kertas. Sistem ini menawarkan berbagai manfaat bagi pasien, tenaga kesehatan, dan institusi kesehatan, menjadikannya komponen penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Memilih rumah sakit dengan sistem RME memiliki banyak keuntungan, baik bagi pasien maupun pihak rumah sakit.

Sejumlah manfaat RME dapat didapatkan, diantaranya bisa meningkatkan kualitas perawatan pasien. Dengan RME penyedia layanan kesehatan dapat dengan mudah mengakses riwayat kesehatan pasien yang lengkap, termasuk catatan dokter, hasil tes, dan gambar medis. Hal ini dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat tentang perawatan pasien.

RME juga mampu meningkatkan efisiensi operasional, artinya penyedia layanan kesehatan dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan menggunakan SIREM, yang dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Teknologi ini juga meningkatkan keamanan data pasien. Karena hanya penyedia layanan kesehatan yang berwenang yang dapat mengakses informasi pasien. Bahkan terkait data, RME bisa untuk mencadangkan informasi pasien secara aman, sehingga informasi tersebut tetap aman jika terjadi bencana alam.

Dengan memilih rumah sakit dengan sistem RME, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan kesehatan terbaik yang tersedia.

Salah satu RS yang menyediakan layanan dengan sistem RME adalah Raffles Medical Group (RMG). Ini adalah salah satu penyedia layanan kesehatan swasta terkemuka di kawasan Asia Tenggara. RMG menyediakan rangkaian layanan mulai dari perawatan primer dan tersier, hingga asuransi kesehatan untuk masyarakat di wilayah Asia.

Dengan pengalaman lebih dari 47 tahun, RMG, melalui rumah sakit tersier andalannya, Raffles Hospital Singapura telah memberikan keahlian dan perawatan kesehatan terpercaya kepada lebih dari 2 juta pasien setiap tahunnya. Oleh karena itu, Raffles Hospital Singapura merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan swasta pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia.

Sebagai satu-satunya organisasi layanan kesehatan swasta di Singapura yang mengapikasikan dengan model praktik kelompok, hal ini memungkinkan tim multidisiplin Raffles Hospital Singapura yang terdiri dari dokter, perawat, profesional kesehatan, dan staf bekerja sama dalam merawat semua pasiennya dengan kasih sayang dan keunggulan.

Agnes Felicia selaku Marketing Executive Raffles Medika Indonesia menyatakan pelayanan di Raffles Hospital Singapura dilengkapi dengan sistem rekam medis elektronik yang terintegrasi, pasien merasa tenang. "Karena dokter dan tim medis menyediakan rencana perawatan kesehatan berbasis tim dan dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Agnes Felicia.

“Dengan penekanan yang semakin besar kepada kesehatan preventif, RMG memberikan banyak informasi dan masukan kesehatan kepada pasiennya. Hal ini dapat dilihat dari jasa vaksinasi hingga paket pemeriksaan kesehatan komprehensif yang melayani individu dari berbagai kelompok umur dan kondisi Kesehatan pasien yang berbeda-beda,” paparnya.

Selain menawarkan rangkaian layanan medis yang komprehensif, RMG memanfaatkan inovasi dan teknologi untuk memberikan diagnosis dan perawatan yang lebih tepat sasaran dan tepat kepada pasien. Hal ini ditunjukkan melalui sistem bedah robotik daVinci XI, rangkaian angiografi baru Raffles Heart Centre yang memaksimalkan data pencitraan dan konektivitas digital, serta akselerator linier Varian TrueBeam dengan teknologi HyperArc di Raffles Radiothery Centre.

Untuk memberikan kemudahan pembayaran yang lebih baik bagi pasien di Indonesia, Raffles Hospital Singapura telah bekerja sama dengan OCBC di Indonesia untuk memberikan layanan kartu kredit dan debit bagi pemilik kartu kredit terpilih untuk pembayaran. Sekarang, pasien di Indonesia dapat memilih paket cicilan 0% dari 3 hingga 12 bulan, dan 18 bulan dengan minimal transaksi 20 juta. Hal ini juga selaras dengan aspirasi OCBC untuk menjawab kebutuhan nasabah, agar dapat memanfaatkan fasilitas istimewa sebagai nasabah dengan tetap menjaga stabilitas keuangan untuk tetap #FinanciallyFit.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)