Tumit Sakit saat Bangun Tidur Apakah Gejala Asam Urat?

Jum'at, 13 September 2024 - 09:40 WIB
loading...
A A A

3. Achilles Tendinitis


Tendon Achilles menghubungkan otot betis ke tumit. Achilles tendinitis adalah peradangan pada tendon tersebut, yang dapat menyebabkan nyeri tumit saat bangun tidur.

Kondisi ini sering terjadi akibat aktivitas fisik yang terlalu intens atau penggunaan sepatu yang tidak tepat. Rasa sakitnya bisa muncul di bagian belakang tumit dan sering kali memburuk setelah beristirahat atau ketika pertama kali berjalan.

4. Tarsal Tunnel Syndrome


Kondisi ini mirip dengan sindrom terowongan karpal pada pergelangan tangan, namun terjadi pada pergelangan kaki. Tarsal tunnel syndrome disebabkan oleh kompresi saraf tibialis posterior yang mengakibatkan nyeri, kesemutan, atau sensasi terbakar pada tumit dan telapak kaki. Nyeri biasanya terasa lebih buruk di pagi hari atau setelah beristirahat.



5. Faktor Lainnya



- Obesitas: Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan tambahan pada kaki, terutama pada tumit, sehingga menyebabkan rasa sakit.

- Bursitis: Peradangan pada bursa (kantung berisi cairan yang melindungi sendi) di sekitar tumit juga dapat menyebabkan nyeri.

- Kondisi sendi lainnya: Seperti artritis reumatoid atau osteoartritis, juga bisa menjadi penyebab nyeri tumit.

Apakah Tumit Sakit Selalu Berhubungan dengan Asam Urat?



Meskipun asam urat dapat menyebabkan nyeri pada sendi, termasuk tumit, tumit sakit saat bangun tidur tidak selalu berkaitan dengan asam urat. Banyak orang langsung mengasosiasikan nyeri sendi dengan asam urat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)