Perbedaan Nyeri Leher Akibat Kolesterol Tinggi dan Asam Urat, Jangan Asal Minum Obat

Jum'at, 27 September 2024 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Asam urat yang mengkristal di dalam sendi dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan, termasuk pada sendi leher. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang tajam dan parah. Nyeri leher akibat asam urat umumnya disertai dengan gejala lain, seperti pembengkakan pada leher dan pergerakan leher yang terbatas.

Rasa sakit biasanya juga lebih intens ketika disentuh atau digerakkan. Selain itu, nyeri yang diakibatkan oleh asam urat biasanya lebih terlokalisasi pada sendi tertentu, dan cenderung terasa lebih terbakar atau tajam dibandingkan dengan nyeri yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, yang sering terasa lebih seperti tekanan atau kekakuan.



3. Perbedaan Gejala Tambahan


Nyeri leher akibat kolesterol tinggi dan asam urat sering kali disertai dengan gejala tambahan yang berbeda, yang dapat membantu membedakan penyebabnya:

Kolesterol Tinggi



1. Pusing atau sakit kepala
2. Sesak napas
3. Nyeri dada atau angina
4. Kelelahan berlebihan
5. Mati rasa atau kesemutan di bagian tubuh lainnya

Asam Urat



1. Pembengkakan dan kemerahan pada sendi
2. Nyeri hebat pada malam hari atau saat bangun tidur
3. Demam ringan pada beberapa kasus
4. Serangan nyeri mendadak dan intens pada sendi-sendi lain seperti kaki dan pergelangan tangan

4. Pengobatan dan Pencegahan


Pengobatan kolesterol tinggi biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan seperti statin untuk menurunkan kadar kolesterol, serta perubahan gaya hidup, seperti pola makan sehat rendah lemak jenuh, olahraga rutin, dan berhenti merokok.

Sedangkan, pengobatan asam urat termasuk obat anti-inflamasi seperti NSAID, kortikosteroid, dan obat-obatan khusus untuk menurunkan kadar asam urat seperti allopurinol. Menghindari makanan tinggi purin meliputi daging merah dan makanan laut juga merupakan bagian penting dari pencegahan serangan asam urat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)