Jarang Diperhatikan, 5 Hal yang Terjadi pada Kulit Saat Terbang

Minggu, 02 Februari 2020 - 11:05 WIB
Jarang Diperhatikan, 5 Hal yang Terjadi pada Kulit Saat Terbang
Jarang Diperhatikan, 5 Hal yang Terjadi pada Kulit Saat Terbang
A A A
JAKARTA - Pernahkah terpikir, apa yang terjadi pada kulit saat Anda terbang dan berada di ketinggian 36.000 kaki? Kalau fisik Anda merasa nyaman-nyaman saja, rupanya hal serupa tak terjadi pada kulit.

Saat Anda terbang tinggi, kulit mulai mengalami "malapetaka". Kondisi kelembaban udara yang turun, kering, dan berubah-ubah di dalam kabin pesawat dapat menyebabkan lapisan desmis kulit mengering, meningkatkan produksi minyak, dan memperparah jerawat yang mungkin sedang bersarang di kulit.

Tapi, Anda jangan terlalu khawatir karena tidak ada masalah yang tak bisa diatasi. Untuk mengantisipasinya, sebelum terbang tentu Anda harus aware dan melakukan ritual agar kulit tidak menjadi rusak.

Dikutip dari laman Singapore Tatler, berikut lima hal yang bisa terjadi pada kulit Anda saat terbang serta bagaimana cara mengatasinya.

1. Kekeringan
Menurut dermatologist Rina Allawh dari Montgomery Dermatology, dengan kondisi udara yang dingin dan kering di dalam pesawat, kulit kita akan mengalami kekeringan dan "haus" hidrasi. Untuk mengatasinya, aplikasikan moisturizer sebelum Anda naik ke pesawat. Skincare tersebut tak hanya akan membuat kulit tetap moist, tapi juga menekan kemungkinan terjadinya iritasi.

2. Terpapar matahari
Menurut dermatologist dari Dove, Mona Gohara, saat berada di atas awan itu artinya Anda sedang dekat dengan matahari. Padahal, jendela pesawat tidak tahan sinar UV sehingga tak ada perlindungan dari paparan cahaya matahari. Agar sinar UV tidak sampai merusak kulit, aplikasikan sunscreen yang mengandung high-SPF sebelum dan selama penerbangan.

3. Berminyak
Ketika kulit mengalami kekeringan, otomatis produksi minyak bakal meningkat. Dokter kencantikan dari Nexus Clinic, Jasmine Ruth Yuvarani, mengingatkan bahwa produksi minyak yang meningkat drastis bisa menyebabkan timbul jerawat. Untuk itu, Anda disarankan selalu membawa moisturizer bebas minyak berukuran kecil di dalam tas dan oleskan setiap kali Anda merasa kulit mengering.

4. Timbul jerawat
Aktivitas sebelum terbang seperti perjalanan ke bandara, alami macet, ataupun mengepak barang bawaan bisa membuat tubuh merasa lelah dan stres. Kondisi tersebut dapat memicu peningkatan hormon cortisol, yang kemudian bermuara pada munculnya jerawat. Dermatologist Mona Gohara menyarankan agar begitu Anda naik dan duduk di pesawat, sisihkan waktu sebentar untuk rileks lalu tarik napas yang dalam. Akan lebih baik bila Anda menggunakan minyak aromaterapi saat ingin terbang. Oleskan minyak tersebut di belakang kuping lalu ambil napas. Kondisi rileks dan nyaman dapat menekan hormon cortisol, sehingga timbulnya jerawat dapat dicegah.

Selain itu, menurut dermatologist Rina Allawh, menyenderkan wajah pada head rest pesawat dapat mengkontaminasi kulit dengan bakteri sehingga memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak menyandarkan wajah pada permukaan kotor tersebut. Untuk jaga-jaga, bawalah selalu tisu basah di dalam tas agar Anda bisa membersihkan kulit sesegera mungkin kala dirasa kotor.

5. Kantung mata
Menurut Jasmine Ruth Yuvarani, lama duduk di dalam pesawat dapat menghambat aliran darah yang pada akhirnya berdampak pada pembentukan kantung mata. Anda tentu tak mau keluar pesawat dalam kondisi mata berkantung dan menghitam, bukan? Untuk itu, Anda disarankan untuk sesekali bangun dari kursi, lalu jalan-jalan di sekitar area tempat duduk.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6456 seconds (0.1#10.140)